Wabup Barsel harapkan masyarakat dukung vaksinasi anak usia 6-11 tahun

id Vaksinasi anak usia 6-11 tahun barsel, Pemkab barsel, barito selatan, buntok, wabup barsel, satya titiek atyani djoedir

Wabup Barsel harapkan masyarakat dukung vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir menyampaikan sambutan pada kegiatan pencanangan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Buntok, Rabu, (12/1). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Satya Titiek Atyani Djoedir mengharapkan seluruh masyarakat mendukung program vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

"Vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah agar anak terhindar dari penularan virus Corona," katanya usai pencanangan vaksinasi serentak pada anak usia tersebut di Buntok, Rabu.

Dikatakannya, pemerintah selalu berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik, komprehensif, bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat, termasuk pelayanan vaksinasi di masa pandemi ini.

Ia menjelaskan, untuk vaksinasi di Barito Selatan ini telah melalui proses panjang sejak awal dicanangkan secara bertahap dari Februari 2021 hingga saat ini.

"Vaksinasi tersebut dimulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum dan remaja hingga saat ini kepada anak usia 6-11 tahun," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta seluruh masyarakat di kabupaten ini mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) terhadap anak usia  6-11 tahun.

Menurut dia, melalui kegiatan vaksinasi ini, diharapkan transmisi atau penularan COVID-19 dapat berkurang, angka kesakitan, dan kematian akibat virus corona menurun, serta kekebalan di masyarakat atau herd immunity dapat tercapai.

Dengan demikian lanjut dia, masyarakat dapat terlindungi dari paparan COVID-19, sehingga tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Satya Titiek Atyani Djoedir juga meminta Kepala Dinas Pendidikan, kepala sekolah, dewan guru dan Kepala Dinas Kesehatan beserta tim agar bekerja sama memastikan seluruh anak usia 6-11 tahun mendapatkan vaksinasi secara bertahap ini.

"Saya juga berpesan kepada anak-anak untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Tetap memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan membatasi bepergian dan menghindari kerumunan," pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan, Daryomo Sukiastono menyampaikan target jumlah anak usia 6-11 tahun yang di vaksinasi di daerah ini sebanyak 13.592 anak.

"Dosis vaksin yang disediakan untuk kegiatan vaksinasi pada hari ini secara serentak di Barito Selatan sebanyak 1.773 dosis," bebernya.

Vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun ini akan dilaksanakan setiap hari sampai jumlah sebanyak 13.592 tersebut sudah divaksinasi semuanya.

"Untuk vaksinasi ini dijadwalkan dalam dua minggu ke depan. Semoga vaksinasi berjalan lancar tanpa kendala berarti," demikian Daryomo Sukiastono.

Pencanangan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun yang berlangsung di SDN 3 Buntok tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat dan dalam pelaksanaannya dijaga persone Polres Barito Selatan dan Kodim 1012 Buntok.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2022