Wabup Seruyan: Kebersihan objek wisata Teluk Sebongkok harus dijaga

id Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Iswanti, Kabupaten Seruyan, Seruyan, objek wisata di Seruyan, Teluk Sebongkok,Kalteng

Wabup Seruyan: Kebersihan objek wisata Teluk Sebongkok harus dijaga

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (tengah) saat berkunjung ke destinasi wisata Teluk Sebongkok di Desa Sembuluh I, kemarin. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Iswanti mengingatkan sekaligus meminta kepada pihak Desa Sembuluh I, tetap menjaga kebersihan di sekitar wisata Teluk Sebongkok, sebagai upaya meningkatkan pengunjung atau wisatawan.

"Kebersihan tempat wisata itu sangat penting. Biasanya hal yang dilihat para pengunjung itu ya kebersihannya, selain dari keindahan tempat tersebut," kata Iswanti di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, jika dilihat dari keindahannya dengan pemandangan danau yang luas serta pepohonan sangat rimbun, menjadi nilai tersendiri dari wisata tersebut hanya saja yang harus diperhatikan itu yakni kebersihan tempatnya dari sampah-sampah.

"Kalau bisa untuk membersihkan tempat tersebut, adakan kerja bakti yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, karena hal ini memang harus dilakukan," harap dia.

Apalagi wisata tersebut merupakan danau terbesar di Kalimantan dengan luasan kurang lebih  7.832,5 hektar dan memiliki panjang sekitar 35,68 kilometer serta memiliki berbagai potensi di dalamnya, sehingga hal tersebut sangat tepat sebagai destinasi wisata unggulan yang dimiliki Bumi Gawi Hantantiring.

Iswanti pun menyampaikan, apabila tempat wisata ini bisa dikelola dengan baik tentunya akan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat di desa tersebut, karena apabila banyak orang yang berkunjung tentunya para pelaku usaha sekitar wisata juga akan dengan otomatis terbantu.

Selain itu, hal tersebut juga akan mampu mendongkrak pendapatan asli desa (PAD) yang mana dengan sumber tersebut dapat menciptakan program yang merujuk pada kesejahteraan masyarakat setempat.

"Pastinya, kalau wisata itu berkembang dan banyak diminati usaha-usaha masyarakat akan terbantu terlebih lagi desa tersebut juga produk-produk unggulan yang dapat dijual," ungkapnya.

Dia mengharapkan agar keasrian wisata tersebut harus tetap dijaga terlebih dukungan dari masyarakat desa tersebut, sehingga destinasi wisata yang dimiliki itu dapat memberikan hal yang positif bagi masyarakat.

Baca juga: Bapenda miliki terobosan optimalkan PAD Seruyan

Baca juga: Bupati Seruyan berencana tambah gaji tenaga kontrak

Baca juga: Tingkatkan pemasaran, Wabup minta kemasan ikan asin dibuat menarik