Dolar naik karena ketegangan Ukraina

id Dolar naik ,Dolar naik karena ketegangan Ukraina,dolar

Dolar naik karena ketegangan Ukraina

Ilustrasi - Dolar AS dihitung oleh seorang bankir di bank di Westminster, Colorado, Amerika Serikat. ANTARA/REUTERS/Rick Wilking/aa.

Washington (ANTARA) - Dolar AS naik bersama dengan aset safe-haven lainnya pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah Amerika Serikat mengatakan Rusia telah mengumpulkan cukup banyak pasukan di dekat Ukraina untuk melancarkan invasi besar.

Serangan Rusia dapat dimulai kapan saja dan kemungkinan akan dimulai dengan serangan udara, kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan dalam jumpa pers.

Dolar telah diperdagangkan sebagian besar menyamping ketika peringatan AS menghantam pasar. Indeks dolar, ukuran greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, menguat 0,258 persen.

Minyak mentah berjangka AS melonjak lebih dari 5,0 persen menjadi 94,66 dolar AS per barel, tertinggi sejak 2014, sementara emas naik lebih dari 2,0 persen ke level tertinggi hampir dua bulan pada satu titik.

Kenaikan dolar disebabkan oleh komentar Sullivan, serta laporan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina, yang kemudian dibantah oleh Gedung Putih, kata Bipan Rai, kepala strategi valas di CIBC Capital Markets di Toronto.

Kenaikan itu, bersama dengan pergerakan aset safe-haven lainnya seperti obligasi pemerintah AS dan yen Jepang, menunjukkan pasar semakin khawatir tentang prospek invasi, kata Rai.

"Ini jelas merupakan langkah safe-haven," katanya.

Yen Jepang menguat 0,63 persen versus greenback di 115,29 per dolar, sementara dolar Kanada melemah karena potensi serangan Rusia yang segera memicu aksi jual aset sensitif risiko.

Mata uang Rusia, sudah lebih rendah untuk hari itu, jatuh lebih jauh di tengah berita. Rubel terakhir turun 2,73 persen versus greenback di 77,00 per dolar.

Washington mendesak semua warga AS untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 48 jam. Negara-negara lain - termasuk Inggris, Jepang, Latvia, Norwegia, dan Belanda - meminta warganya untuk segera meninggalkan Ukraina.

Euro, sementara itu, melemah karena pasar memproses berita, dan ditetapkan untuk penurunan mingguan setelah Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa menaikkan suku sekarang tidak akan menurunkan rekor inflasi zona euro tetapi hanya merugikan ekonomi.

Greenback telah berjuang untuk memilih arah pada hari sebelumnya karena investor mencerna indeks sentimen konsumen awal Universitas Michigan untuk Februari.

Laporan itu menemukan bahwa sentimen konsumen AS turun ke level terendah dalam lebih dari satu dekade pada awal Februari, di tengah ekspektasi bahwa inflasi akan terus meningkat dalam waktu dekat. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan indeks naik tipis.

Ketidakjelasan pasar tentang bagaimana kenaikan suku bunga mungkin berkembang telah berkontribusi pada sesi hiruk pikuk minggu ini karena dolar tetap ragu-ragu tentang masa depan, kata Erik Nelson, ahli strategi mata uang di Wells Fargo Securities.

"Saya cenderung berpikir kita berkonsolidasi dalam jangka pendek di sini dan saya masih bias terhadap penurunan euro, kenaikan dolar terhadap sebagian besar mata uang," katanya.
Penerjemah: Apep Suhendar