DPRD dorong peningkatan pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan

id Dprd palangka raya, evy susanti, pendidikan, kesehatan, palangka raya, kalteng

DPRD dorong peningkatan pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Evy Susanti. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Evy Susanti mendorong pemerintah kota meningkatkan pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

"Pendidikan maupun kesehatan selama ini menjadi aspek penting yang harus diperhatikan dalam setiap rencana pembangunan daerah," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia menilai pendidikan maupun kesehatan merupakan tolak ukur dari keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

Hal itu karena, dua bidang dasar tersebut sangat erat kaitannya dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI).

Evy menyarankan, perlu adanya komunikasi antara dua bidang tersebut, yakni dinas kesehatan maupun dinas pendidikan. Terutama menyamakan atau menyinkronkan hal-hal yang dibutuhkan dalam meningkatkan pembangunan.

"DPRD Palangka Raya akan berupaya memberikan dukungan. Terlebih bidang pendidikan dan kesehatan, sejauh ini sangat diharapkan peningkatannya," beber politisi PDIP Palangka Raya itu.

Tambah Evy, Komisi C DPRD Palangka Raya berkomitmen menjalankan tupoksi yang dimiliki secara maksimal, baik dalam pengawasan, anggaran dan legislasi yang terdapat pada dua bidang tersebut.

"Kami berharap Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam peningkatan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan ini, dapat terlaksana dan menjadi fokus Pemkot Palangka Raya," ungkapnya.

Ia berharap aktivitas pembelajaran bisa berjalan lancar di tengah pandemi COVID-19, kendati metode pembelajarannya secara terbatas.

"Begitu juga program kesehatan harus ditingkatkan sehingga masyarakat di tengah pandemi tetap sehat dan tidak mudah terserang virus atau penyakit," tutupnya.