Tiga rumah dan satu bangunan walet di Tumpung Laung I ludes terbakar

id kebakaran tumpung laung,polsek montallat,kelurahan tumpung laung 1,barito utara,kalteng

Tiga rumah dan satu bangunan walet di Tumpung Laung I  ludes terbakar

Polisi memasang pita kuning di lokasi kebakaran di Jalan Waning Pati Kelurahan Tumpung Laung I, Kecamatan Montallat, Jumat (4/3/2022).ANTARA/HO-Polsek Montallat

Muara Teweh (ANTARA) - Sedikitnya tiga buah rumah  dan sebuah bangunan sarang burung walet di Jalan Waning Pati Kelurahan Tumpung Laung I, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ludes terbakar.

"Kebakaran di Kelurahan Tumpung Laung I itu terjadi pada Jumat, sekitar pukul 08.00 WIB," kata Kapolsek Montallat Ipda Udung dihubungi dari Muara Teweh, Jumat.

Peristiwa kebakaran itu terjadi ketika warga melihat ada kobaran api berasal dari ruangan tengah rumah milik H Bandar yang saat itu disewakan kepada orang lain. 

Kemudian api cepat merembet ke rumah warga lainnya milik Angga dua unit rumah, kemudian bangunan walet semi permanen yakni bagian bawah berkonstruksi beton dan atas dari kayu milik Ilham warga setempat.

Upaya pemadaman kebakaran dilakukan masyarakat setempat dan aparat Polsek Montallat dan Koramil setempat dengan menggunakan mesin alkon dan api berhasil dipadamkan hampir satu jam.    
  
"Saat ini kami masih menyelidiki  dan mendalami penyebab kebakaran, karena rumah asal api yang terbakar  tidak ada orangnya, sedang pergi ke kebun menyadap karet," kata Udung.

Informasi masyarakat setempat menyebutkan penghuni rumah yang menyewa rumah milik H Bandar itu sejak pukul 05.00 WIB meninggalkan rumah untuk bekerja di kebun untuk menyadap getah karet.

"Dalam peristiwa kebakaran ini tanpa ada korban jiwa, sedangkan nilai kerugian masih dalam pendataan anggota di TKP," ujar Udung.

Kelurahan Tumpung Laung I, Kecamatan Montallat merupakan kelurahan yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito arah selatan yang jaraknya melalui transportasi sungai dari Muara Teweh sekitar 90,5 kilometer.