Pelaku usaha optimis NTB kian diminati wisatawan pasca MotoGP

id pasca MotoGP,NTB,Sirkuit Mandalika,Sandiaga Uno ,Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Pelaku usaha optimis NTB kian diminati wisatawan pasca MotoGP,

Pelaku usaha optimis NTB kian diminati wisatawan pasca MotoGP

Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (kanan) memerhatikan barista Sedjiwa Kopi meracik kopi pesanannya di media center usai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022) malam. Stan kopi tersebut memberikan layanan kopi gratis bagi para pembalap dunia, kru tim balap serta media dari berbagai negara yang meliput acara MotoGP Mandalika sebagai sarana promosi kopi Indonesia terutama kopi lokal Lombok ke kancah internasional. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nym (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pelaku usaha pariwisata optimis destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin diminati pasca penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika.

“Mereka perkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisnus (wisatawan nusantara) maupun wisman (wisatawan mancanegara) ke Lombok, seiring dengan diberlakukannya kemudahan perjalanan bagi wisatawan di tengah terkendalinya penyebaran COVID-19,” ujarnya dalam keterangan Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin.

Kesuksesan perhelatan ajang balap internasional tersebut dianggap menjadi perhatian dunia, termasuk 400 juta penggemar MotoGP di seluruh dunia yang menyaksikan langsung melalui televisi.

Di waktu yang bersamaan, lanjut dia, para penonton MotoGP melalui televisi juga menikmati tayangan destinasi wisata Lombok, NTB, yang memiliki daya tarik wisata alam, budaya, dan wisata buatan manusia.

“Seperti Mandalika International Street Circuit yang telah diakui oleh para pembalap dunia sebagai sirkuit tercantik di dunia,” kata Sandiaga.

Keberhasilan penyelenggaraan MotoGP 2022 dinilai pula menjadi momentum penting untuk menguatkan posisi Indonesia sebagai negara tujuan sport tourism (wisata olahraga) kelas dunia.

Hal ini dianggap karena Mandalika memiliki sirkuit bertaraf internasional di lokasi yang bagus dan menarik. “Itu juga menjadi salah satu daya tarik kenapa orang datang ke Mandalika ini,” ucap Menparekraf.

Sebelumnya, tutur Sandiaga, Lombok dikenal wisman sebagai destinasi wisata bulan madu (honeymoon) kelas dunia karena keindahan suasana dan panorama yang unik.

Menurut dia, adanya Sirkuit Mandalika akan membuat Lombok dipandang semakin populer dengan atraksi baru, yaitu wisata olahraga.

“Banyak event balap motor akan digelar secara rutin dan terjadwal di Mandalika International Street Circuit,” katanya.

Di tahun ini, Sirkuit Mandalika juga akan mempersiapkan dua event internasional, yakni balap mobil GT World Challenge Asia pada 21-23 Oktober 2022 dan World Superbike (WSBK) pada 11-13 November 2022 mendatang.

Dalam satu hingga dua minggu ke depan, Menparekraf menyatakan ajang MotoGP 2022 akan dievaluasi sebagai upaya menyiapkan event-event internasional yang bakal diadakan di Sirkuit Mandalika, sehingga dapat membuat provinsi NTB tetap banyak dikunjungi wisatawan.