Legislator Seruyan minta dermaga sungai di Desa Jahitan diperbaiki

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Argiansyah, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng, Dermaga Sung

Legislator Seruyan minta dermaga sungai di Desa Jahitan diperbaiki

Anggota DPRD Seruyan Argiansyah. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Argiansyah mengingatkan sekaligus meminta kepada Dinas Perhubungan setempat  setempat, agar melakukan perbaikan atau rehab total terhadap dermaga sungai yang berada di Desa Jahitan.

"Perbaikan dermaga itu sangat penting karena menjadi salah satu jalur transportasi sungai yang sering digunakan oleh masyarakat ke sejumlah desa ataupun kecamatan," kata Argiansyah di Kuala Pembuang,  Selasa.

Berdasarkan hasil kunjungan reses DPRD Seruyan, kondisi dermaga sungai di Desa Jahitan sudah sangat memprihatinkan atau mulai rusak. Sebab, konstruksi dermaga sungai berbahan kayu itu sudah lapuk termakan usia dan banyak yang rusak, sehingga perlu segera ditangani agar dapat digunakan secara maksimal oleh masyarakat.

Legislator Seruyan itu menyebut, dermaga tersebut merupakan sarana utama masyarakat setempat untuk tempat sandar perahu  maupun untuk tempat singgah penumpang dan barang atau jasa dari hilir maupun hulu sungai tersebut, sehingga memang ada aktivitas sehari-hari dilakukan masyarakat.

"Kebanyakan masyarakat di daerah tersebut lebih memilih  transportasi sungai saja, karena dari segi jarak lebih dekat dan mudah dibanding jalur darat. Itulah kenapa dermaga di Desa Jahitan sangat penting bagi aktivitas masyarakat," kata Argiansyah.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan pembangunan dermaga tersebut bisa menggunakan konstruksi yang lebih kokoh sehingga pemanfaatannya dapat lebih optimal, memang untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya dukungan dari semua pihak.

Kemudian, diharapkan juga perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasional di wilayah setempat juga harus terlibat untuk membantu masyarakat binaannya bisa dengan melakukan perbaikan apabila ada konstruksi yang rusak.

"Kita harap juga PBS terlibat membantu, karena memang pembangunan itu kan perlu proses,  sementara hal tersebut dilaksanakan pembangunan, maka harus dibantu agar bisa terus digunakan, misalnya bagian lantai ada yang rusak perusahaan harus bantu memperbaikinya," demikian Argiansyah.

Baca juga: DPRD Seruyan usulkan tenaga ahli perkebunan kelapa sawit bantu petani

Baca juga: Legislator Seruyan: Penjabat kades jangan dari tenaga pendidik

Baca juga: Petani di Seruyan gagal panen, DKPP diminta segera beri bantuan