Fairid: Ramadhan momen tingkatkan toleransi antarumat beragama

id Fairid: Ramadhan momen tingkatkan toleransi antarumat beragama, kalteng, palangka raya

Fairid: Ramadhan momen tingkatkan toleransi antarumat beragama

Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Fairid Naparin. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengajak masyarakat di kota setempat menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan kebersamaan serta toleransi antarumat beragama.

"Bulan Ramadhan merupakan waktu yang suci bagi umat Islam. Untuk itu, mari jadikan waktu istimewa ini untuk meningkatkan kebersamaan dan toleransi yang telah terjalin selama ini," kata Fairid di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, toleransi dan kebersamaan harus selalu ditumbuhkan dan dijaga agar suasana kondusif, aman dan nyaman di "Kota Cantik" tetap terjaga.

Kepala daerah termuda di wilayah Kalteng itu juga mengajak seluruh warga bersama-sama untuk membentengi diri dan lingkungan dari potensi tindak kejahatan yang mengintai.

"Mari bersama-sama dan bergandeng tangan untuk menjaga kerukunan dan kekeluargaan. Saling menjaga juga menjadi budaya orang Indonesia dan itu juga selaras dengan falsafah 'Huma Betang' yang selama ini kita junjung," katanya.

Dia mengatakan, salah satu bentuk peran terkecil menjaga kebersamaan dan toleransi seperti, menjaga lingkungan tetap aman saat umat Islam tengah melaksanakan ibadah shalat tarawih di masjid.

Fairid juga mengajak seluruh warga untuk tidak terseret dalam sekat segmentasi mayoritas dan minoritas. Pandangan itu harus disingkirkan demi kemajuan daerah dan bangsa.

Baca juga: DPRD Palangka Raya: Penyaluran BLT minyak goreng harus tepat sasaran

Upaya membentengi diri dengan semangat kekeluargaan dan solidaritas antar sesama sebagai manusia yang mengedepankan nilai kebersamaan yang hakiki harus terus menerus dilakukan.

"Dari hal-hal kecil kita harus menjaga toleransi dan kebersamaan yang ada. Jangan sampai kondisi yang indah dan nyaman ini. Mari, terus saling menjaga dan melindungi," katanya.

Dia juga mengajak warganya untuk mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang positif sehingga bulan puasa ini semakin bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Di sisi lain, pihaknya bersama pihak terkait lain, juga akan terus menggencarkan pengawasan dan patroli sebagai upaya menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Ramadhan.

Baca juga: Perpusda Kalteng pastikan layanan tetap prima saat Ramadhan

Baca juga: AHY tetap tunjuk Nadalsyah sebagai Ketua Demokrat Kalteng

Baca juga: Disdagperin Kalteng sediakan klinik konsultasi bantu pengembangan IKM