Perpusda Kalteng pastikan layanan tetap prima saat Ramadhan

id Perpustakaan kalteng, disperpusip kalteng, literasi, ramadhan, palangka raya, kalteng

Perpusda Kalteng pastikan layanan tetap prima saat Ramadhan

Petugas menata buku-buku yang ada di perpustakaan daerah, Palangka Raya, Selasa, (5/4/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Provinsi Kalimantan Tengah memastikan pelayanan yang diberikan kepada pengunjung atau pemustaka tetap prima saat bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Pelayanan kepada pengunjung tetap kami laksanakan seperti biasa, namun menyesuaikan jam kerja saat bulan Ramadhan," kata Pelaksana Tugas Kadisperpusip Kalteng Lukman Hakim di Palangka Raya, Selasa.

Hanya saja karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, pengunjung belum diperkenankan berkegiatan seperti membaca di ruang yang tersedia di perpustakaan daerah.

Hingga saat ini aktivitas pengunjung yang datang masih dibatasi, mereka hanya diperbolehkan mencari dan memilih buku, serta kemudian meminjamnya untuk dibawa pulang ke rumah.

Kebijakan ini sebagai upaya memaksimalkan pencegahan potensi penularan COVID-19, sehingga aktivitas di ruang perpustakaan masih dibatasi.

"Selain itu masyarakat yang datang berkunjung juga diminta menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti mencuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak," jelasnya.

Saat Ramadhan jam pelayanan di perpustakaan daerah dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 15.00 WIB. Selain bisa datang langsung, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan secara daring atau online yang disediakan Disperpusip Kalteng.

Lukman memaparkan, terhitung dalam beberapa bulan terakhir jumlah pengunjung di perpustakaan juga cukup stabil dan masih terbilang banyak, yakni rata-rata masih di atas seribu pengunjung setiap bulannya.

"Layanan perpustakaan keliling saat Ramadhan juga masih tetap kami laksanakan. Seperti yang direncanakan besok, adanya permintaan perpustakaan keliling ke wilayah Kabupaten Gunung Mas," ucapnya.

Ia menegaskan, baik saat pandemi maupun bulan Ramadhan, Disperpusip Kalteng terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan khususnya yang berkaitan dengan literasi.

Disperpusip Kalteng senantiasa mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam pelaksanaan pembangunan daerah, khususnya mempersiapkan generasi penerus yang unggul serta berdaya saing.