Tingkatkan PAD, Pemkab Bartim tambah penyertaan modal ke Bank Kalteng

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Wakil Bupati Bartim, Habib Saleh, Bartim, Kalteng

Tingkatkan PAD, Pemkab Bartim tambah penyertaan modal ke Bank Kalteng

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh. ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah dari berbagai sektor, salah satunya penyertaan modal pada PT Bank Pembangunan Kalimantan Tengah atau dikenal dengan Bank Kalteng.

Wakil Bupati Bartim Habib Saleh di Tamiang Layang, Rabu, mengatakan bahwa Semakin banyak sumber pendapatan daerah, maka semakin besar peluang meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai kegiatan pembangunan serta pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Jadi, penambahan penyertaan modal ke Bank Kalteng sebagai upaya meningkatkan PAD Bartim," ucap dia.

Dia pun menegaskan bahwa penyertaan modal kepada Bank Kalteng diatur dalam peraturan daerah tersendiri tentang penyertaan atau penambahan modal.

"Rancangan peraturan daerah tentang penambahan penyertaan modal kepada Bank Kalteng sudah diajukan ke DPRD Barito Timur," beber dia.

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Saleh mewakili Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, menyampaikan penjelasan kepala daerah atas pengajuan rancangan peraturan daerah tentang penambahan penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Barito Timur kepada Bank Kalteng dalam rapat paripurna di DPRD Barito Timur Selasa (21/6).

Penyertaan modal yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Barito Timur dapat dilaksanakan apabila jumlah modal yang akan disertakan dalam tahun anggaran berkenaan telah ditetapkan dalam perda.

"Salah satu keuntungan dari penyertaan modal pada Bank Kalteng yakni dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bartim matangkan penyelenggaraan SPIP terintegrasi

Bank Kalteng yang memiliki status sebagai Badan Usaha Milik Daerah, memiliki peranan sangat penting dan strategis dalam menunjang pelaksanaan otonomi dan perekonomian. Dengan alasan itu, Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengoptimalkan penyertaan modal pada Bank Kalteng agar bisa menjadi kekuatan ekonomi yang handal sehingga dapat berperan aktif sebagai kekuatan perekonomian masyarakat.

"Kami juga menaruh harapan kepada Bank Kalteng untuk dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan mengembangkan berbagai inovasi produk perbankan, dalam rangka mendukung pembangunan di Bartim," kata Habib Saleh.

Baca juga: Wabup Bartim ingatkan JCH jaga kondisi kesehatan selama di Arab Saudi

Baca juga: JCH asal Bartim diimbau jaga kesehatan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022