JCH asal Bartim diimbau jaga kesehatan

id JCH Bartim diberangkatkan Sabtu, bartim, barito timur, haji, calon hahi, jamaah calon haji, JCH, calon jamaah haji

JCH asal Bartim diimbau jaga kesehatan

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Abdul Majid Rahimi. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang  (ANTARA) - Kepala Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Abdul Majid Rahimi mengimbau sebanyak 26 orang jamaah calon haji (JCH) akan diberangkatkan pada Sabtu (18/6) nanti menjaga kesehatannya. 

“Semua calon haji sudah siap diberangkatkan dan tinggal menunggu pelaksanaan tes PCR COVID-19,” kata Abdul Majid Rahimi di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, pelaksanaan tes polymerase chain reaction atau PCR COVID-19 akan dilaksanakan pada Jumat (17/6). Sampel hasil tes PCR akan dikirim ke Palangka Raya untuk diperiksa. Hasil tes PCR nantinya akan disampaikan ke pihak Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalsel. 

Majid menambahkan, jika ada calon haji yang positif terpapar COVID-19, maka akan masuk karantina pada Embarkasi Banjarmasin hingga dinyatakan sembuh.

Jamaah calon haji Kabupaten Barito Timur akan diberangkatkan bersama jamaah haji dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara dan daerah lainnya di Kalteng, termasuk dari Kalsel.

“Jamaah haji kita akan tergabung dalam kelompok terbang enam dan bersama jamaah haji lain dari Kalteng dan Kalsel,” kata Majid.

Baca juga: PT SEM tanam pohon sengon peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022

Jamaah calon haji Kabupaten Barito Timur yang diberangkatkan melalui  Embarkasi Banjarmasin akan berangkat bersama jamaah lainnya dengan didampingi petugas. Total jumlah jemaah dan petugas sekitar 350 orang.

Lama perjalanan jamaah calon haji Barito Timur diperkirakan 16 hingga 19 jam. Pemberangkatan dari Kabupaten Barito Timur menuju Embarkasi Banjarmasin sekitar enam hingga tujuh jam, selanjutnya penerbangan menuju Bandara King Abdul Aziz memakan waktu 10 hingga 12 jam.

Di Arab Saudi, kata Majid lagi, jamaah calon haji Kabupaten Barito Timur akan diinapkan di Hotel Al Kisah dengan nomor Maktab 26 pada sektor IV. 

“Pemberangkatan jamaah calon haji kita dari Kabupaten Barito Timur ke Banjarmasin menggunakan transportasi darat dengan armada bus yang disewa,” kata Majid.

Majid meminta jamaah calon haji benar-benar menjaga kesehatan agar pada saat tes PCR COVID-19 nanti negatif, dan menjaga kesehatan saat berada di Arab Saudi.

“Jaga kesehatan dan persiapkan diri untuk tes PCR nanti, dan saat tiba di Arab Saudi juga jasa kesehatan sehingga bisa melaksanakan ibadah haji secara tunai,” demikian Majid.

Baca juga: Bupati Bartim berharap Kupang Bersih menang lomba desa tingkat provinsi

Baca juga: Honorer dihapus, Pemkab Bartim wacanakan outsourcing tenaga kontrak

Baca juga: Pemkab Bartim tetap gandeng Kodim 1012 Buntok membangun jalan