Pemprov Kalteng harapkan atlet Popprov mampu torehkan prestasi nasional

id Pemprov kalteng, popprov kalteng 2022, pekan olahraga pelajar provinsi, sekda kalteng nuryakin, olahraga, kalteng

Pemprov Kalteng harapkan atlet Popprov mampu torehkan prestasi nasional

Para atlet pelajar dari seluruh kabupaten dan kota yang mengikuti Popprov 2022, Palangka Raya, (27/6/2022). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan agar para atlet yang bertanding pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) 2022 mampu menorehkan prestasi yang menyamai bahkan melampaui capaian atlet di tingkat nasional.
 
"Yang kami inginkan agar mereka ini terpacu untuk melampaui prestasi nasional, katakanlah atletik misalnya sekian detik, minimal sama," kata Sekda Kalteng Nuryakin di Palangka Raya, Selasa.
 
Pemprov ingin digelarnya Popprov benar-benar dimanfaatkan para atlet untuk memacu diri dan semangat juang mengukir prestasi memberikan yang terbaik bagi daerah.
 
"Kita ingin mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat provinsi, serta memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar daerah untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng pastikan gaji ke-13 ASN dibayarkan Juli, total anggaran capai Rp53 miliar
 
Selain sebagai wahana seleksi olahraga di tingkat pelajar serta mengukir prestasi, pihaknya ingin mengoptimalkan kegiatan tersebut untuk memperoleh bibit atlet pelajar potensial untuk bisa dipersiapkan dan dibina secara lebih lanjut.
 
Nuryakin juga berharap Popprov menjadi sarana pemersatu dan mempererat kebangsaan, menjaga sportivitas dan menyambung silaturahmi dengan semangat Isen Mulang dan Huma Betang.
 
Pelaksana Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng Iswahono menambahkan, agenda olahraga ini juga digelar dalam rangka menghadapi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Wilayah III di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Agustus-September 2022, serta menghadapi POPNAS 2023 di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.
 
"Agenda ini sebagai ajang seleksi dan sekaligus evaluasi hasil pembinaan olahraga pelajar se-Kalimantan Tengah," tegasnya.
 
Adapun dalam Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Kalimantan Tengah 2022 ini, mempertandingkan 129 nomor tanding dari 13 cabang olahraga, meliputi atletik, bola basket, bola voli pasir, bulu tangkis, karate, panjat tebing, pencak silat, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis meja, tenis, dan balap sepeda sebagai cabang olahraga eksebisi.
 
Agenda olahraga yang diselenggarakan hingga 3 Juli 2022 mendatang di Palangka Raya, diikuti para peserta merupakan pelajar perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota Se-Kalteng pada SMA, SMK, dan MA. Tema Popprov 2022 yakni "Meningkatkan prestasi olahraga pelajar untuk pengembangan SDM berkualitas menuju Kalteng Makin Berkah".

Baca juga: HPN menjadi refleksi perwujudan kebebasan pers di Kalteng

Baca juga: Konsisten tingkatkan kinerja, Pemprov Kalteng raih SAKIP Predikat B

Baca juga: Dekranasda berkomitmen optimalkan pembinaan dan pelatihan perajin Kalteng