Kalteng Putra seleksi pemain lokal untuk persiapan Liga 2 Indonesia

id Kalteng Putra,Palangka Raya,Stadion Tuah Pahoe,Liga 2 Indonesia,Hasanudin Noor,Agustiar Sabran,Kalteng Putra seleksi pemain lokal untuk persiapan Liga

Kalteng Putra seleksi pemain lokal untuk persiapan Liga 2 Indonesia

Manager Kalteng Putra Hasanudin Noor saat menghadiri Kongres PSSI Pusat di Kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Manajemen Kalteng Putra akan menggelar seleksi pemain lokal untuk dimasukkan skuad tim kebanggaan masyarakat provinsi setempat, yang digelar Minggu 3 Juli 2022.

Manajer Kalteng Putra Hasanudin Noor di Palangka Raya, Rabu, membenarkan terkait informasi seleksi pemain lokal yang nantinya akan memperkuat Tim Kalteng Putra di Liga 2 Indonesia.

"Kami sudah menyurati klub-klub lokal yang berada di Kalteng, agar bisa mengirimkan lima pemainnya untuk mengikuti seleksi pemain Kalteng Putra," katanya.

Dalam seleksi pemain lokal nantinya, penilaian akan melibatkan Anggota Executive (Exco) Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kalteng periode 2022-2026 yang belum lama ini terpilih dan para pemerhati sepak bola di Kalteng.

Hal ini dilakukan sebab manajemen Kalteng Putra hendak mendidik generasi muda yang hobi sepak bola ke depannya, bisa berprestasi dan kualitas permainannya tidak kalah dengan pemain dari luar Pulau Kalimantan.

"Memang tim ini masih mengandalkan pemain dari luar Kalteng, namun kami ingin merangsang seluruh pemain lokal juga bisa berpartisipasi dan ke depannya bisa bersaing dengan pemain luar sehingga gairah sepak bola di provinsi ini menggeliat kembali," ucapnya.

Baca juga: Shalahuddin terpilih jadi Ketua Asprov PSSI Kalteng

Pihaknya juga menunggu aturan PT Liga berapa kuota pemain yang boleh didaftarkan untuk klub. Kemudian berapa kuota yang diwajibkan untuk pemain lokal.

Apabila hal tersebut nantinya sudah rampung, maka jumlah pemain lokal akan kelihatan dan bersiap direkrut, tentunya pemain wajib menyesuaikan peraturan manajemen.

"Pemain yang dinyatakan lolos dalam seleksi, nantinya akan kami latih mereka ke luar dari Pulau Kalimantan dan akan digabungkan dengan pemain lainnya," ungkapnya.  

Ditegaskan Hasanudin Noor, berdasarkan hasil Kongres PSSI Pusat di Kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu, Liga 2 akan bergulir setelah turnamen pra musim Piala Presiden.

Kemungkinan besar Liga 1 dan 2 Indonesia tersebut bergulir akhir Agustus 2022. Dengan adanya jeda waktu yang cukup lama, maka manajemen Kalteng Putra terus melakukan persiapan agar siap menatap gelaran liga di ajang nasional.

"Ya harapan kami Kalteng Putra tahun ini bisa lolos ke Liga I meskipun klub yang berada di Liga 2 banyak yang memiliki pengalaman dari Liga I Indonesia pada tahun lalu," demikian Hasanudin Noor.

Sedangkan untuk lokasi seleksi rencananya akan dilaksanakan di Stadion Tuah Pahoe Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Kota Palangka Raya. Informasinya banyak para pemain yang sudah menghubungi pihak manajemen baik dari luar Kalteng maupun lokal, yang hendak bergabung dengan tim berjuluk Laskar Isen Mulang tersebut. 

Baca juga: Nadalsyah kalungkan medali emas tim futsal putra dan putri Teweh Timur

Baca juga: Rencanakan turnamen kelompok umur, pegiat olahraga harapkan sepak bola berkembang optimal