Batu Kumpai Atas strategis dan berpotensi jadi objek wisata baru Kobar

id objek wisata di Batu Kumpai Atas, objek wisata tebing tinggi di Kobar, Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Anang Dirjo, Kotawaringi

Batu Kumpai Atas strategis dan berpotensi jadi objek wisata baru Kobar

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo saat bersama kalangan anggota DPRD Kobar di Pangkalan Bun, baru-baru ini. ANTARA/TBK.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Anang Dirjo menyatakan bahwa pihaknya sedang fokus menggarap desa-desa, agar dapat berkembang menjadi objek atau destinasi wisata baru.

Salah satu desa yang strategis dan berpotensi menjadi objek wisata baru adalah Desa Batu Kumpai Atas, kata Anang di Pangkalan Bun, kemarin.

"Di desa itu ada tebing tinggi yang dapat dijadikan objek wisata. Dinas Pariwisata Kobar pun telah menyusun master plan-nya," ungkap dia.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kalteng itu pun berharap master plan atau rencana induk yang telah disusun dan diekspose itu, dapat direalisasikan serta dilaksanakan secara optimal. Dengan begitu, pembuatan Tebing Tinggi di Desa Batu Kumpai Atas sebagai objek wisata baru, dapat menjadi percontohan bagi dari desa lain di Kobar.

"Kami ingin agar pengelolaan desa wisata bisa digarap maksimal. Dengan adanya referensi ini bisa jadikan percontohan," kata Anang.

Belum lama ini, Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi mengatakan beberapa bangunan sekarang telah ada di obyek wisata Tebing Tinggi. Tetapi obyek wisata ini belum dibuka untuk umum karena fasilitas sarana dan prasarana yang ada belum maksimal.

Baca juga: Bantu kembangkan bakat, Pj Bupati dukung Agustiar Cup digelar di Kobar

“Agar lebih siap dalam menyambut masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata Tebing Tinggi, maka perlu dibuat master plan Tebing Tinggi agar obyek wisata ini lebih tertata dan menarik untuk dikunjungi,” jelasnya.

Wahyudi mengapresiasi saran dan masukan dari pihak-pihak yang hadir. Ia berharap hal itu menjadi dasar penyusunan master plan yang memang nantinya dapat direalisasikan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga dengan penyusunan master plan Tebing Tinggi ini destinasi wisata di Kumpai Batu Atas dapat terwujud dan menjadi alternatif bagi masyarakat dan wisatawan yang menginginkan tempat hiburan yang layak dan dapat dinikmati," demikian Wahyudi.

Baca juga: Pemkab Kobar dukung penuh pemeriksaan Inspektorat Kalteng

Baca juga: Jaga kantibmas di Kobar, Pj Bupati minta semua masalah diselesaikan secara bijak

Baca juga: Siapkan antisipasi, Pemkab Kobar pastikan seluruh korban banjir terakomodir