Kotim raih penghargaan Stan Terbaik di Apkasi Otonomi Expo 2022

id Kotim raih penghargaan Stan Terbaik di Apkasi Otonomi Expo 2022, kalteng, wabup kotim, Irawati, apkasi, Imam Subekti, Sampit, kotim, Kotawaringin Timu

Kotim raih penghargaan Stan Terbaik di Apkasi Otonomi Expo 2022

Wakil Bupati Irawati bersama sejumlah kepala perangkat daerah di stan Kotawaringin Timur saat pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2022 di Jakarta, Rabu (20/7/2022). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menorehkan pencapaian menggembirakan dalam  kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2022 dengan meraih penghargaan Stan Terbaik Kategori Inovatif. 

"Akhirnya Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi pemenang kategori inovatif dalam expo 2022 ini," kata Wakil Bupati Irawati di Sampit, Sabtu. 

Apkasi Otonomi Expo 2022 merupakan acara yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Kegiatan dilaksanakan di Hall A-B Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada 20-22 Juli. Tahun ini  pergelaran mengangkat tema "Pulihkan ekonomi global melalui jejaring global".

Stan yang dipamerkan di Apkasi Otonomi Expo 2022 berjumlah sekitar 245 stan yang terdiri dari 122 stan pemerintah kabupaten, 4 Kementerian dan BUMN, serta perusahaan swasta nasional dan UMKM.  

Stan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bernuansa modern dengan dominasi warna putih, hijau, orange dan kuning. Terlihat pula dekorasi bentuk ikan jelawat serta anggrek tewu atau anggrek tebu yang sudah dikenal sebagai simbol khas Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Seluruh satuan organisasi perangkat daerah berkolaborasi dalam menampilkan yang terbaik di stan tersebut seperti Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinas Ketahanan Pangan dan lainnya. 
Kepala Dinas PMPTSP Kotim Imam Subekti menerima penghargaan Stan Terbaik Kategori Inovatif saat penutupan Apkasi Otonomi Expo 2022 di Jakarta, Jumat (22/7/2022). ANTARA/HO-DPMPTSP Kotim

Melalui stan ini, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengoptimalkan momen untuk mempromosikan potensi daerah seperti produk UMKM, investasi dan lainnya. Harapannya akan banyak pembeli maupun investor yang berminat membeli produk atau berinvestasi di Kotawaringin Timur. 

"Ini juga momen mempromosikan produk UMKM lokal kita di tingkat nasional. Kita harus terus semangat dalam berkarya. Insya Allah sukses," ujar Irawati yang turut hadir di stan Kotawaringin Timur. 

Inovasi menarik pada stan Kotawaringin Timur ternyata menarik perhatian tim penilai. Hasilnya, stan Kotawaringin Timur ditetapkan dan diberi penghargaan sebagai Stan Terbaik Kategori Inovatif. 

Penghargaan diserahkan oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana selaku Wakil Sekretaris 1 Apkasi. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Imam Subekti hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menerima penghargaan bergengsi tersebut. 

"Alhamdulillah kita meraih Stan Terbaik Kategori Inovatif pada Apkasi Otonomi Expo 2022 ini," demikian Imam Subekti. 

Baca juga: Forum Anak Daerah diharapkan bantu cegah kekerasan terhadap anak di Kotim

Baca juga: Kekerasan terhadap anak meningkat, Bupati Kotim perintahkan bentuk tim

Baca juga: Bupati Kotim berharap daerah penghasil sawit dapat DBH lebih besar