DPRD Kotim apresiasi pemkab fasilitasi kemudahan pemulangan jamaah haji

id DPRD Kotim apresiasi pemkab fasilitasi kemudahan pemulangan jamaah haji, kalteng, Sampit, kotim, DPRD kotim, dadang siswanto

DPRD Kotim apresiasi pemkab fasilitasi kemudahan pemulangan jamaah haji

Jamaah haji asal Kotawaringin Timur saat tiba di Bandara Haji Asan Sampit, Minggu (31/7/2022). ANTARA/HO-Prokopim Kotim

Sampit (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Dadang Siswanto mengapresiasi langkah pemerintah memfasilitasi kepulangan jamaah haji dengan menyewa pesawat dari Embarkasi Syamsudin Noor Kalimantan Selatan menuju Sampit, Minggu (31/7/2022). 

"Kami dari DPRD tentu mengapresiasi ini karena sangat membantu jamaah haji kita. Kami mendukung kebijakan ini dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya sehingga jamaah haji kita tidak perlu lagi menempuh perjalanan darat saat berangkat menuju embarkasi maupun ketika pulang," kata Dadang di Sampit, Senin. 

Jamaah haji asal Kotawaringin Timur telah tiba di Sampit pada Minggu (31/7) pagi. Dadang bersama legislator lainnya turut menyambut kedatangan jamaah haji yang tiba di Bandara Haji Asan Sampit. 

Selama ini jamaah haji asal Kotawaringin Timur harus menempuh perjalanan darat menggunakan bus selama delapan hingga sepuluh jam untuk sampai di Embarkasi Syamsudin di Banjarbaru Kalimantan Selatan. 

Jauh dan lamanya perjalanan darat diyakini berpengaruh terhadap kondisi fisik jamaah calon haji. Padahal mereka membutuhkan stamina yang baik agar bisa menjalani dengan baik seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci. 

Baca juga: Semarak HDKD ke-77, Imigrasi Sampit hadirkan Layanan Paspor Masuk Desa di Danau Sembuluh

Dadang menilai kebijakan memfasilitasi jamaah haji ini sudah tepat. Perjalanan menggunakan pesawat menuju embarkasi maupun saat pulang, diyakini sangat membantu menghemat waktu dan tenaga jamaah. 

Politisi PAN ini mengapresiasi pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Halikinnor merespons aspirasi jamaah. Hal itu diwujudkan dengan menyewa pesawat untuk jamaah, meski baru diwujudkan saat kepulangan jamaah haji tahun ini. 

"Saya mendukung pembiayaan ini dianggarkan saat musim haji tahun-tahun berikutnya. Ini sangat membantu jamaah haji," ujar Dadang.

Dadang juga menyampaikan rasa syukurnya karena seluruh jamaah haji Kotawaringin Timur dalam keadaan sehat tiba di Sampit. Hasil swab antigen, seluruh anggota jamaah haji daerah ini juga dinyatakan negatif dari virus COVID-19. 

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi kekompakan aparatur dan masyarakat di Baamang Barat

Baca juga: Jamaah haji asal Kotim tak lagi kelelahan di perjalanan

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi kekompakan warga desa ini