Bupati Kotim apresiasi kekompakan warga desa ini

id Bupati Kotim apresiasi kekompakan warga desa ini, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, tahun baru islam

Bupati Kotim apresiasi kekompakan warga desa ini

Bupati Halikinnor memberangkatkan pawai ta'aruf memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah di Desa Sumber Makmur Kecamatan Telawang, Sabtu (30/7/2022). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor yang berkunjung ke Desa Sumber Makmur Kecamatan Telawang, dibuat takjub oleh kekompakan warga desa setempat yang menurutnya patut menjadi contoh.

"Ini luar biasa. Saya tidak mengira dengan meriahnya sambutan ini. Ini juga menunjukkan jika warga Desa Sumber Makmur terus menjaga semangat Habaring Hurung dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan," kata Halikinnor di Telawang, Sabtu.

Halikinnor bersama Ketua Tim Penggerak PKK Khairiah dan Sekretaris Daerah Fajrurrahman berkunjung ke Desa Sumber Makmur. Mereka menghadiri peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah sekaligus syukuran desa yang digelar masyarakat setempat.

Meskipun di desa, ternyata peringatan tahun baru Islam di desa yang dihuni sekitar 1.900 jiwa itu sangat meriah. Berbagai kegiatan digelar seperti pawai ta'aruf, sunatan massal, pemberian bantuan, pemotongan tumpeng berukuran besar serta doa bersama.

Halikinnor mengaku salut dengan kekompakan masyarakat Desa Sumber Makmur. Menurutnya, ini menjadi gambaran asli penduduk Kotawaringin Timur sesuai dengan semboyan daerah ini yakni Habaring Hurung yang berarti bergotong royong.

Dia meminta semangat kebersamaan ini terus dijaga dan ditingkatkan. Ini menjadi modal besar dalam melaksanakan dan meningkatkan pembangunan desa dengan potensi sektor pertanian tersebut.

Dalam kesempatan syukuran desa itu juga, Halikinnor berharap hasil panen bisa lebih baik dan meningkat lagi dari sebelumnya. Sehingga perekonomian masyarakat juga meningkat.

Baca juga: DPRD Kotim: Perda Keolahragaan untuk pengembangan berkelanjutan

Saat berdialog dengan masyarakat, Halikinnor juga menjanjikan akan memenuhi permintaan masyarakat setempat yakni peningkatan jalan dari pasar simpang Sebabi menuju Desa Sumber Makmur.

Peningkatan jalan sepanjang sekitar satu kilometer itu juga nantinya diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti memudahkan mobilisasi warga maupun hasil pertanian.

“Insya Allah ini akan kami bantu. Di sini ada pak sekda untuk mencatat ini. Paling tidak agregat dulu agar mudah dilalui saat musim hujan sehingga masyarakat tidak kesusahan,” kata Halikinnor yang juga berkesempatan membagikan bonus kepada peserta khitanan massal di desa itu.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Makmur, Trimo menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan tersebut murni swadaya masyarakat. Kegiatan itu terlaksana berkat kebersamaan, saling tolong menolong dan semangat gotong royong yang tinggi dari masyarakat setempat.

Dia menyatakan bahagia dan menyampaikan terima kasih warganya terhadap peningkatan jalan yang dijanjikan bupati. Masyarakat sangat berharap hal itu bisa terealisasi.

“Tentunya jika itu terealisasi akan sangat bermanfaat bagi warga desa ini. Semoga bisa terwujud nanti,” demikian Trimo.

Baca juga: DPRD Kotim minta pengelolaan dana desa terus ditingkatkan