Bupati Nadalsyah harapkan percepatan pembangunan DAS Barito dukung IKN

id sekda se-das barito ,penyangga ikn nusantara,barito utara,kalteng

Bupati Nadalsyah harapkan percepatan pembangunan DAS Barito dukung IKN

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Sekdaprov Kalteng Nuryakin sebelum rapat kerja Sekda se-DAS Barito di Muara Teweh, Selasa (2/8/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengharapkan percepatan pembangunan di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito untuk mendukung Kalimantan Tengah sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

"Harapan positif kami melalui kegiatan ini menghasilkan semangat baru dan motivasi kerja yang menghasilkan perencanaan strategis untuk pembangunan di Barito Utara dan wilayah DAS Barito menjadi lebih baik," kata Nadalsyah pada rapat kerja Sekretaris Daerah (Sekda) se-DAS Barito di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, berkat sinergi dan kerja sama baik dari berbagai pihak, banyak kemajuan pembangunan yang telah diraih oleh pemkab Barito Utara seperti bandar udara, jembatan, jalan desa dan kecamatan, serta RSUD Muara Teweh. 

"Pembangunan tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Barito Utara dan masyarakat luas pada umumnya,"

Melalui kegiatan ini Nadalsyah kembali menyampaikan permohonan dukungan kepada pemprov Kalteng untuk dua program strategis di Barito Utara yakni Jembatan Lemo dan Jembatan Tumpung Laung karena hal ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

Sekda Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin saat menyampaikan sambutan Gubernur memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Barito Utara yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan yang dihadiri Sekretaris Daerah se-DAS Barito yakni Sekda Barito Utara, Murung Raya, Barito Timur dan Barito Selatan.

Ia menyampaikan hal ini merupakan momentum penting yang sangat baik guna memberikan sumbangan pemikiran dan aspirasi bagi pemerintah provinsi Kalimantan Tengah. 

"Tentu kita sebagai provinsi yang dekat perlu merencanakan pembangunan yang strategis sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara," ucapnya sekaligus membuka kegiatan.