Bupati Kotim serahkan bantuan perbaikan darurat dua jembatan

id Bupati Kotim serahkan bantuan perbaikan darurat dua jembatan, Kalteng, Sampit, sampit, kotim, bupati kotim, halikinnor, Kotawaringin Timur

Bupati Kotim serahkan bantuan perbaikan darurat dua jembatan

Bupati Halikinnor meninjau satu dari dua jembatan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang kemudian diberi bantuan untuk ditangani secara darurat dalam waktu segera, Sabtu (20/8/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor meninjau dua jembatan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang kondisinya rusak dan langsung menyerahkan bantuan untuk penanganan darurat dua jembatan tersebut. 

"Saya minta dengan bantuan ini, kerusakan dua jembatan ini ditangani secara darurat dulu supaya aman dilalui warga. Saat ini kondisinya membahayakan, bahkan sudah ada warga yang sampai terjatuh," kata Halikinnor di Sampit, Sabtu. 

Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan pejabat lainnya saat meninjau dua jembatan berkonstruksi kayu ulin tersebut. Dua jembatan itu yaitu Jembatan Sungai Jejangkit Desa Jaya Kelapa dan jembatan Desa Basirih Hulu. Dua jembatan itu berada di jalan yang menghubungkan sejumlah desa. 

Satu jembatan dalam kondisi ambles pada salah satu bagian sehingga sangat membahayakan jika ada pengendara yang melaju atau tidak mengetahui kondisi lantai jembatan ada yang lebih rendah. Sementara itu satu jembatan lainnya rusak berlubang pada lantai serta sebagian pagar yang sudah patah dan hilang. 

Warga yang melintas terpaksa harus lebih berhati-hati agar tidak jatuh akibat lubang maupun terpental akibat ada bagian lantai yang ambles. Lebih dikhawatirkan saat malam hari rawan terjadi kecelakaan karang penerangan. 



Untuk penanganan darurat, Halikinnor langsung menyerahkan bantuan masing-masing Rp20 juta untuk setiap jembatan. Halikinnor berharap bantuan uang yang diserahkan saat peninjauan masing-masing jembatan itu diharapkan langsung digunakan untuk penanganan secara darurat. 

Halikinnor kemudian langsung memanggil Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Mentana untuk berdiskusi upaya penanganannya. Dia meminta dua jembatan tersebut menjadi prioritas karena sangat dibutuhkan masyarakat. 

"Kita akan anggarkan dana perbaikan dua jembatan itu pada 2023 nanti. Makanya untuk sementara saya minta itu diperbaiki darurat menggunakan dana tersebut supaya bisa dilewati dengan aman," demikian Halikinnor. 

Sementara itu Camat Mentaya Hilir Selatan, Syahrial menyampaikan terima kasih masyarakatnya kepada bupati atas bantuan penanganan darurat dua jembatan tersebut. Dia meyakinkan bahwa perbaikan itu segera dilaksanakan. 

"Bantuan ini sangat berharga dan bisa langsung digunakan untuk penanganan darurat. Kami berharap dua jembatan itu dibangun ulang dengan konstruksi yang lebih kuat pada 2023 nanti," demikian Syahrial.