Puluhan siswa SMAN 4 Puruk Cahu diberikan pelatihan jurnalistik

id Pemkab murung raya, puruk cahu, pwi murung raya, pelatihan jurnalistik, sman 4 murung raya, hoaks, jurnalistik, jurnalis sekolah

Puluhan siswa SMAN 4 Puruk Cahu diberikan pelatihan jurnalistik

Pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan di SMAN 4 Puruk Cahu, Jumat, (2/9/2022). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) -
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah memberikan pelatihan jurnalistik kepada puluhan siswa-siswi SMAN 4 Puruk Cahu yang berada di Desa Muara Untu, Kecamatan Murung, Jumat (2/9).
 
Dalam sambutannya, Kepala SMAN 4 Puruk Cahu, Jumilah U. Samaeh, mengatakan, pihaknya memiliki program jurnalis sekolah dengan memberdayakan peserta didik supaya dapat mengelola media sosial sekolah lebih menarik.
 
"Oleh karena itu, kami menghadirkan teman-teman dari PWI Murung Raya untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik tentang cara penulisan, bahasa, maupun mengelola media sosial dengan baik dan tidak bertentangan dengan hukum," terangnya.

Baca juga: RSUD Puruk Cahu tangani 99 bayi penderita Gastroenteritis
 
Jumilah juga berharap kegiatan semacam ini akan terus berlanjut kedepannya nanti dan akan lebih serius dalam bentuk kerja sama atau MoU.
 
"Saya berharap kepada PWI Murung Raya ada kerja sama sampai ke tahap MoU, bahkan SMAN 4 Puruk Cahu ini menjadi binaan PWI Murung Raya. Yang dibina nantinya bagaimana mengasah kemampuan jurnalistik siswa," jelasnya.
 
Sementara itu Anggota PWI Murung Raya, Trisno menyampaikan, pelatihan atau pengenalan tentang jurnalistik tingkat dasar kepada para siswa sangat penting.
 
"Agar siswa bisa memahami bagaimana dinamika dalam penulisan sebuah berita dan mampu membedakan mana berita layak untuk dikonsumsi dan mana pula berita yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya atau hoaks," kata Trisno.
 
Dia juga mengajak para siswa untuk memerangi berita hoaks agar tidak mudah tergiring dengan isu yang belum tentu benar. Maka para siswa pun diingatkan agar tidak mudah terkecoh dengan informasi yang belum jelas, dan terlebih dahulu mengamati dan mencari informasi yang lebih akurat.
 
"Dengan berakhirnya kegiatan ini, kami berharap siswa dapat mengaplikasikan materi yang telah diberikan tersebut, sehingga mereka akan lebih memahami bagaimana dunia jurnalistik," ucapnya.
 
Selain itu, dalam pelatihan tersebut, menghadirkan lima pemateri yang merupakan anggota PWI Murung Raya. Disamping memberikan materi, mereka juga melakukan sesi tanya jawab serta pelatihan menulis berita.

Baca juga: Pemkab Mura minta Lasqi berpartisipasi siapkan generasi muda kreatif dan inovatif

Baca juga: Adaro beri beasiswa 14 mahasiwa UPR asal Murung Raya sampai lulus