Pemkab Katingan prioritaskan peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak

id Pemkab katingan, sekda katingan pransang, kesejahteraan perempuan dan anak, kasongan, katingan

Pemkab Katingan prioritaskan peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak

Sekretaris Daerah Katingan Pransang (duduk, tengah) bersama peserta rapat kerja Forum Komunikasi Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Forum PUSPA) Kabupaten Katingan 2022 di aula BPKAD Katingan di Kasongan, Senin, (5/9/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kasongan (ANTARA) -
Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas melalui Sekretaris Daerah Pransang mengatakan, pihaknya melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak, melalui program dan kegiatan sebagaimana tercantum di dalam RPJMD Katingan.
 
"Ini menunjukkan kesejahteraan perempuan, anak dan kelompok rentan lainnya serta pengarusutamaan gender telah menjadi bagian dari prioritas pembangunan Kabupaten Katingan," kata Pransang di Kasongan, Senin.
 
Dia menjelaskan keberadaan Forum PUSPA yang beberapa waktu lalu dikukuhkan melalui Surat Keputusan Bupati Katingan menjadi salah bukti keinginan kuat dari Pemkab Katingan dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak.
 
Pernyataan tersebut dia sampaikan saat membuka rapat kerja Forum Komunikasi Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Forum PUSPA) Kabupaten Katingan 2022 yang digelar di aula BPKAD Katingan di Kasongan.
 
Dia mengharapkan agar Forum PUSPA dapat membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak melalui 3M.
 
3M yang dimaksud adalah mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang dan mengakhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan di Katingan.
 
Dengan diselenggarakannya rapat kerja Forum PUSPA, kiranya seluruh pengurus dapat menyatukan semangat pergerakan dalam mengatasi permasalahan perempuan dan anak.
 
"Menggerakkan edukasi, pendampingan maupun advokasi seputar problema perempuan dan anak melalui kegiatan-kegiatan yang efektif dan efisien," ucapnya.

Baca juga: Satpol PP Katingan ingatkan pemasang reklame membayar pajak
 
Ketua Forum PUSPA Katingan Winda Natalia menjelaskan, rapat kerja yang digelar satu hari itu diikuti 36 orang peserta yang merupakan seluruh unsur pelaksana harian Forum PUSPA Katingan.
 
"Rapat kerja yang dilaksanakan bertujuan menyusun jadwal atau matriks kegiatan 2022, serta rencana kegiatan 2023 secara terukur, efektif dan efisien guna memperoleh hasil yang optimal," demikian Winda Natalia.

Baca juga: Polisi amankan seorang penimbun 2.574 liter solar bersubsidi di Katingan

Baca juga: Polres Katingan datangi SPBU awasi pendistribusian BBM