Mahasiswa UPR ukir prestasi dalam kompetisi Esai Nasional

id dua mahasiswa upr ukir prestasi di lec, universitas palangka raya, Dosen Kimia FMIPA UPR rendy iqbal, lombok essay competition, universitas mataram, k

Mahasiswa UPR ukir prestasi dalam kompetisi Esai Nasional

Dua mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil mengukir prestasi dalam kompetisi Esai Nasional yakni Lombok Essay Competition (LEC) yang diselenggarakan Universitas Mataram dalam rangka Dies Natalis ke-60, 24-25 September. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dua mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil mengukir prestasi dalam kompetisi Esai Nasional yakni Lombok Essay Competition (LEC) yang diselenggarakan Universitas Mataram dalam rangka Dies Natalis ke-60.
 
Dua mahasiswa UPR ini adalah Artha Karunia Gresiana Siregar dan Agus Lasono dari Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kata dosen pembimbing Rendy Muhamad Iqbal dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Kamis.
 
"Dua mahasiswa yang menjadi tim perwakilan Universitas Palangka Raya ini berhasil meraih penghargaan berupa 'bronze medal' atau medali perunggu dalam ajang kompetisi esai tersebut," kata Rendy yang merupakan Dosen Kimia FMIPA UPR tersebut.
 
Dia menjabarkan, kompetisi esai tingkat nasional tersebut, diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Dalam kompetisi ini, dipilih 70 tim dari berbagai universitas yang berasal dari tujuh bidang.
 
Di antaranya Bidang Sosial dan Budaya, Bidang Teknologi, Bidang Pendidikan, Bidang Energi dan Lingkungan, Bidang Pertanian, Pangan dan Peternakan, Bidang Hukum dan Ekonomi dan Bidang Kesehatan sebagai finalis. 
 
"Tim dari Universitas Palangka Raya menjadi salah satu tim yang berhasil lolos dan menjadi finalis dalam kompetisi esai bidang teknologi," terang Rendy yang juga merupakan mahasiswa Doktoral Kimia Universiti Teknologi Malaysia tersebut.
 
Lebih lanjut tim yang lolos menjadi finalis akan melakukan presentasi dan mengikuti rangkaian acara secara luring di Universitas Mataram. Kegiatan ini diselenggarakan 24-25 September 2022. Pada 24 September 2022, kegiatan diawali penyambutan sekaligus pembukaan kegiatan di Aula Pertemuan Universitas Mataram.
Setelah penyambutan, seluruh finalis mengikuti kegiatan presentasi dan tanya jawab oleh juri yang menjadi tombak utama dalam penilaian akhir dan pemberian penghargaan dalam LEC. Presentasi ini dilaksanakan di ruangan Fakultas Teknologi Pangan dan Agorindustri Universitas Mataram.
 
"Dalam sesi ini, finalis mempresentasikan karya masing-masing selama 5-10 menit untuk sesi tanya jawab. Adapun dua mahasiswa kita ini berhasil meraih prestasi tersebut," jelasnya.
 
Topik karya yang membawa tim Universitas Palangka Raya mencetak prestasi adalah “EXPER : Material Hibrid BaZrO3/Expanded Perlite Untuk Degradasi Tumpahan Minyak Pada Air Laut”. 
 
Rendy menegaskan, melalui prestasi ini, membuktikan mahasiswa dari Universitas Palangka Raya juga mampu bersaing tingkat nasional.
 
Selain itu, diharapkan seluruh mahasiswa Universitas Palangka Raya juga mau dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya untuk membanggakan dan membawa nama baik Universitas Palangka Raya maupun Kalimantan Tengah ke kancah nasional maupun internasional. 
 
Dua mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil mengukir prestasi dalam kompetisi Esai Nasional yakni Lombok Essay Competition (LEC) yang diselenggarakan Universitas Mataram dalam rangka Dies Natalis ke-60, 24-25 September.

Baca juga: Pemprov dan dua kabupaten di Kalteng raih penghargaan dalam ajang BKN Award

Baca juga: Sekda Kalteng pantau ketersediaan kebutuhan pokok di Palangka Raya

Baca juga: Disdagperin Kalteng bina IKM dukung pengembangan kerajinan anyaman purun