Zelensky sebut serangan Rusia tak patahkan semangat Ukraina

id Zelensky, serangan rusia, ukraina, presiden ukraina,Zelenskyy

Zelensky sebut serangan Rusia tak patahkan semangat Ukraina

Arsip - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama wawancara dengan Reuters, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kiev, Ukraina, 16 September 2022. (ANTARA/REUTERS/Valentyn Ogirenko/as)

London (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Kamis berdiri di luar dalam kegelapan di samping reruntuhan pesawat tak berawak yang jatuh dan bersumpah bahwa serangan Rusia yang meluas terhadap pembangkit listrik tidak akan mematahkan semangat Ukraina.

Meninggalkan lokasi ruang tertutup yang biasa dia gunakan, Zelenskyy mengatakan dalam pidato video hariannya bahwa Kiev telah menembak jatuh 23 drone dalam dua hari terakhir.

Rusia telah mengarahkan puluhan rudal dan pesawat udara tak berawak ke jaringan pembangkit listrik Ukraina dalam dua minggu terakhir, menyebabkan kerusakan besar dan memicu pemadaman.

"Penembakan itu tidak akan menghancurkan kami. Mendengar lagu kebangsaan musuh di tanah kami lebih menakutkan daripada roket musuh di langit kami. Kami tidak takut kegelapan," katanya.

Kiev dan empat wilayah mungkin harus memutus pasokan listrik lebih lama dari yang direncanakan setelah serangan Rusia, seorang pejabat senior mengatakan sebelumnya pada Kamis.

Zelenskyy mengatakan bahwa Rusia sejauh ini telah meluncurkan lebih dari 8.000 serangan udara dan menembakkan 4.500 rudal.

Sumber: Reuters