Puluhan truk PBS diminta putar balik saat melintas jalan Kurun-Palangka

id Puluhan truk PBS diminta putar balik saat melintas jalan Kurun-Palangka, kalteng, gumas, gunung mas

Puluhan truk PBS diminta putar balik saat melintas jalan Kurun-Palangka

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong. ANTARA/Chandra

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - .Puluhan truk angkutan hasil produksi perusahaan besar swasta (PBS) diminta untuk putar balik, saat melewati ruas jalan Kuala Kurun menuju Palangka Raya, di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu.

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong saat dihubungi di Kuala Kurun, Kamis, mengatakan, dirinya menutup sementara ruas jalan Kuala Kurun – Palangka Raya di wilayah kabupaten setempat, bagi truk angkutan PBS, sejak Rabu (2/11), tepatnya pukul 06.00 WIB.

“Kemarin malam (2/11) saya menghubungi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gunung Mas, yang berjaga di Kecamatan Sepang. Dari laporan yang mereka sampaikan, ada 20 lebih truk angkutan produksi PBS yang diminta putar balik,” sambungnya.

Sedikitnya 20 lebih truk angkutan PBS tersebut diminta untuk putar balik, kembali ke perusahaan masing-masing. Truk-truk itu tidak diperkenankan untuk melintas di ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya di wilayah Gunung Mas.

Dia menyebut, penutupan sementara dilakukan karena masih ada PBS yang tidak mewujudkan komitmen dalam upaya penanganan kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya di wilayah Gunung Mas.

Baca juga: Legislator Gumas dukung Festival Tuah Mahasur rutin dilaksanakan

Sebelumnya, PBS berkomitmen untuk turut menangani kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya di wilayah Gunung Mas. Namun kenyataan di lapangan, dinilai penanganan ruas jalan tersebut tidak ada perkembangan yang berarti.

Untuk itu, Jaya menutup sementara ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya di wilayah kabupaten setempat, bagi truk angkutan PBS, mulai Rabu (2/11). Penutupan sementara dilakukan hingga PBS menunjukkan komitmennya.

Truk angkutan PBS tersebut bergerak di bidang perkebunan, pertambangan, maupun kehutanan. Sedangkan untuk truk angkutan bahan bakar minyak (BBM), bahan pokok dan bahan bangunan, dipersilahkan untuk melintas.

Penutupan sementara ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya di wilayah Gunung Mas, bagi truk angkutan PBS, akan dilakukan sampai PBS komitmen dengan janjinya, yakni turut menangani kerusakan ruas jalan tersebut.

“Ini adalah bentuk keseriusan saya sebagai Bupati Gunung Mas, untuk meminta PBS agar komitmen dengan janji mereka, yakni memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut,” demikian Jaya.

Baca juga: Legislator Gumas berharap penutupan jalan bagi PBS tidak hanya sementara

Baca juga: KPU Gunung Mas berharap media ikut tingkatkan kualitas pemilu

Baca juga: Bupati Gumas tutup sementara ruas jalan Kurun-Palangka bagi truk PBS