DPRD Kalteng: Berikan bantuan peningkatan fasilitas ke RSUD berprestasi

id rsud berprestasi di kalteng, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, Siswandi, Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD

DPRD Kalteng: Berikan bantuan peningkatan fasilitas ke RSUD berprestasi

Perwakilan RSUD terbaik kategori pelayanan prima menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Senin (14/11/2022). ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III membidangi kesehatan DPRD Kalimantan Tengah Siswandi meminta kepada pemerintah provinsi, agar memberikan reward atau penghargaan berupa bantuan anggaran perbaikan fasilitas dan lainnya kepada RSUD yang berprestasi atau telah mendapatkan juara.

"Penghargaan tersebut sebagai motivasi sekaligus mendukung RSUD berprestasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pasien ataupun masyarakat setempat, kata Siswandi di Palangka Raya, Selasa.

Adapun permintaan tersebut karena Pemerintah Provinsi Kalteng telah mengumumkan tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah setempat sebagai yang terbaik untuk kategori Pelayanan Prima. Ketiga RSUD terbaik yang diumumkan pada saat Peringatan Hari Kesehatan Nasional itu yakni, RSUD Puruk Cahu juara pertama, RSUD Lamandau juara dua, dan RSUD Jaraga Sasame di Barito Selatan juara tiga.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu mengatakan, ketiga RSUD yang terbaik ini telah membuktikan kinerja maupun pelayanan kepada masyarakat setempat. Namun, harus diakui bahwa fasilitas di tiga RSUD itu belum sepenuhnya optimal.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng berupaya hadir langsung di Porwanas XIII

"Saya bahkan mendapat informasi bahwa setelah pemberian penghargaan itu, RSUD Jaraga Sasame Barsel sebagai terbaik ketiga langsung menyampaikan permohonan agar dibantu Pemprov Kalteng membangun sarana dan Prasarana yang sangat membutuhkan. Kami sarankan pemprov bisa merealisasikan permohonan mereka," kata Siswandi.

Politis Menurut Politisi Partai Demokrat itu, bantuan yang perlu mendapat perhatian dari Pemprov Kalteng yakni penambahan Ruang rawat inap, pembangunan Poliklik dan lainnya. Sebab, hampir di seluruh RSUD di kabupaten memerlukan beberapa hal tersebut.

"RSUD Jaraga Sasame Barsel pun rencananya akan membangun poliklinik. Rencana ini memerlukan dukungan dan bantuan dari pemprov. Semoga bisa dibantu," demikian Siswandi.

Baca juga: Waket DPRD Kalteng dorong pemuda lebih berani tampil di semua lini

Baca juga: Seluruh Fraksi pendukung DPRD Kalteng setujui Raperda Pajak dan Retribusi