Insan kesehatan Katingan diminta gelorakan gerakan hidup bersih dan sehat

id Wakil Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sunardi NT Litang, Katingan, kalteng, Insan kesehatan Katingan

Insan kesehatan Katingan diminta gelorakan gerakan hidup bersih dan sehat

Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT Litang. ANTARA/Fernando Rajagukguk.

Kasongan (ANTARA) - Wakil Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sunardi NT Litang meminta seluruh insan kesehatan di kabupaten setempat, agar tetap semangat dan terus menerus menggelorakan gerakan hidup bersih dan sehat di tengah-tengah masyarakat.

"Dengan demikian, bisa mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan ke depannya," kata Sunardi di Kasongan, Selasa.

Menurutnya, gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat selaras dengan tema Hari Kesehatan Nasional ke-58 “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. Tema itu menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Masyarakat dapat kembali beraktivitas serta produktif agar Indonesia kembali bangkit dan sehat," ucapnya.

Orang nomor dua di Bumi Penyang Hinje Simpei ini mengatakan hal sederhana yang bisa dilakukan insan kesehatan di tengah masyarakat diantaranya mensosialisasikan mencuci tangan dengan sabun, rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

Selain itu, mendorong masyarakat agar selalu memeriksakan kesehatannya secara rutin. Begitu juga mengajak para ibu hamil supaya selalu mengecek perkembangan kehamilannya ke fasilitas kesehatan demi tumbuh kembang janin yang baik.

Di sisi lain, para insan kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya diminta untuk terus mengembangkan diri sesuai kompetensi. Termasuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan lebih baik lagi kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkab Katingan dukung program Satu Data Indonesia

Pada saat yang sama pemerintah daerah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program nasional seperti penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, menurunkan stunting pada balita dan lainnya.

Pemerintah daerah juga terus mengupayakan pembangunan dan perbaikan-perbaikan bangunan fasilitas pelayanan kesehatan, meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas insan kesehatan di seluruh desa/kelurahan se-Katingan.

Terbaru diresmikannya Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Katingan.

"Kepada seluruh insan kesehatan di Katingan berikanlah pelayanan kepada masyarakat dengan baik, ramah dan tulus tanpa memandang status dan jabatan," demikian Sunardi.

Baca juga: Tiga desa di Katingan terpilih sebagai Pilot Project Desa Digital

Baca juga: Bupati Katingan apresiasi keberadaan Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa

Baca juga: Bupati Katingan harap gerakan PKK selalu berpihak kepada keluarga dan masyarakat

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022