Pemkab Kapuas bantu korban kebakaran di Sei Teras

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, bpbd kapuas, bantuan kebakaran kapuas, panahatan sinaga, kapuas

Pemkab Kapuas bantu korban kebakaran di Sei Teras

Penyerahan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Sei Teras, Kecamatan Kapuas Kuala, Jumat, (2/12/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan untuk korban musibah kebakaran di Desa Sei Teras, Kecamatan Kapuas Kuala.

"Korban terdampak sebanyak satu Kepala Keluarga (KK), dengan tiga jiwa, untuk warga kita di Desa Sei Teras RT. 07 RW. 02 Kecamatan Kapuas Kuala," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Jumat.

Bantuan yang disalurkan sendiri, lanjut Panahatan, berupa paket sembako, selimut, matras serta uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Kapuas senilai Rp3 juta. Selain menyerahkan bantuan, pihaknya juga sekaligus melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran di desa tersebut.

Melalui bantuan yang disalurkan, diharapkan bermanfaat dan berguna bagi korban kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu, serta meringankan beban mereka dalam beberapa hari ke depan.

“Dengan bantuan ini, semoga bermanfaat bagi warga yang terdampak musibah kebakaran dan kita harapkan kepada korban yang tertimpa musibah ini, agar tetap tabah," jelasnya.

Baca juga: Polres Kapuas bekuk residivis curanmor asal Kotim

Dengan adanya musibah kebakaran yang terjadi, Panahatan, mengingatkan masyarakat di daerah setempat untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran.

Masyarakat diminta selalu mengecek kembali terhadap kompor, lilin, obat nyamuk dan lainnya. Kemudian, sambungan arus listrik rumah agar diperiksa kembali untuk memastikan benar-benar aman.

"Sebelum kita meninggalkan rumah, sebaiknya pastikan aman, cek kembali kompor dapur, arus listrik yang tidak terpakai lebih baik dimatikan. Karena sumber kebakaran terjadi, kebanyakan dari arus hubungan pendek listrik kita di rumah," paparnya.

Oleh karenanya sebelum bepergian keluar rumah, masyarakat diminta agar selalu memastikan semua benar-benar dalam kondisi aman, sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran.

Baca juga: Pemkab apresiasi kegiatan pembinaan dan pembentukan Kadarkum di Kapuas