Kotim raih penghargaan Peduli HAM

id Kotim raih penghargaan Peduli HAM, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, wabup kotim, Irawati, Kemenkumham, Kemenkumham kalteng

Kotim raih penghargaan Peduli HAM

Wakil Bupati Irawati saat menerima penghargaan dari Kemenkumham RI untuk kategori Kabupaten/Kota Peduli HAM di Jakarta, Senin (12/12/2022) malam. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia sebagai kabupaten Peduli HAM tahun 2022. 

"Alhamdulillah di hari yang baik ini Kabupaten Kotawaringin Timur mendapat penghargaan ini. Capaian ini tentu menjadi kebanggaan, sekaligus motivasi bagi kita untuk lebih baik lagi bagi pemerintah daerah dalam melayani masyarakat," kata Wakil Bupati Irawati di Jakarta, Senin malam. 

Penyerahan penghargaan dari Kemenkumham Republik Indonesia itu dilaksanakan dalam sebuah acara yang dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Penghargaan untuk Kotawaringin Timur diserahkan oleh Direktur Jenderal Kemenkumham Mualimin Abdi. 

Irawati hadir dalam acara itu untuk menerima penghargaan tersebut. Selain Kotawaringin Timur, juga ada daerah lain di Kalimantan Tengah yang meraih penghargaan serupa yaitu Kota Palangka Raya dan Kabupaten Barito Utara. 

Parameter penilaian mencakup seluruh kelompok hak masyarakat, mulai hak atas bantuan hukum, kependudukan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, lingkungan yang baik dan sehat serta perumahan yang layak, hingga hak perempuan dan anak. 

Baca juga: Kotim siap jadi tuan rumah Festival Tandak Intan

Selama ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memang sangat serius terhadap isi HAM. Pemerintah daerah berupaya semaksimal mungkin melindungi dan memenuhi hak masyarakat dalam hal HAM. 

Seluruh satuan organisasi perangkat daerah juga bekerja keras untuk menjalankan program terkait perlindungan dan pemenuhan HAM. Sarana dan prasarana pendukung juga diupayakan semaksimal mungkin. 

Pemerintah daerah bersyukur karena apa yang dilakukan selama ini bisa dirasakan masyarakat dan diapresiasi oleh pemerintah pusat, khususnya melalui Kemenkumham. Pemerintah daerah akan terus meningkatkan upaya-upaya dalam bidang HAM. 

"Capaian berkat kerja keras seluruh jajaran SPPD, bantuan instansi terkait serta dukungan besar dari masyarakat. Ini menjadi motivasi bagi kita untuk berbuat lebih besar dan lebih baik lagi bagi masyarakat," demikian Irawati. 

Baca juga: Mamapas Lewu upaya membersihkan daerah dari hal negatif

Baca juga: Kwarran Baamang bantu balita penderita tumor di wajah

Baca juga: Pemprov Kalteng kembali distribusikan 4.000 paket bahan pokok di Kotim