Kotim siap jadi tuan rumah Festival Tandak Intan

id Kotim siap jadi tuan rumah Festival Tandak Intan, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, tandak Intan, Kaharingan, bupati kotim, kotawaringin Tim

Kotim siap jadi tuan rumah Festival Tandak Intan

Bupati Halikinnor berbincang dengan tokoh agama Hindu Kaharingan usai pembukaan ritual "mamapas lewu dan manampung sahur" di Sampit, Senin (12/12/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengatakan, daerah yang dipimpinnya siap jika dipercaya menjadi tuan rumah Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Kita diminta menjadi tuan rumah, saya menyanggupi itu. Dan harus dipersiapkan secara matang. Kita susun jadwal, termasuk tempatnya. Ini se-Kalimantan Tengah. Jangan sampai kita malu akibat persiapan yang kurang. Saya minta seluruh masyarakat, semua agama juga membantu," kata Halikinnor di Sampit, Senin. 

Hal itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri ritual "mamapas lewu dan manampung sahur" di halaman Balai Basarah Penyang Hatampung yang dilaksanakan oleh umat Hindu Kaharingan setempat. 

Halikinnor mengatakan, Festival Tandak Intan merupakan kegiatan keagamaan Hindu Kaharingan. Pemerintah mendukung kegiatan tersebut sebagai bentuk keseriusan dalam mendukung kegiatan keagamaan. 

Festival Tandak Intan merupakan salah satu kegiatan penting bagi pemeluk Hindu Kaharingan. Oleh karena itulah pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan tersebut dilaksanakan dengan meriah. 

Baca juga: Mamapas Lewu upaya membersihkan daerah dari hal negatif

Sebagai bentuk dukungan, Halikinnor menegaskan bahwa dukungan untuk kegiatan keagamaan Hindu Kaharingan akan ditingkatkan pada 2023 nanti. Dia juga memerintahkan Sekretaris Daerah Fajrurrahman yang hadir saat itu untuk memperhatikan secara serius masalah ini. 

"Kita sudah menjadwalkan audiensi dengan tokoh agama Hindu Kaharingan. Nanti kita bahas terkait masalah ini. Saya sangat mendukung kita menjadi tuan rumah Festival Tandak Intan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Halikinnor. 

Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kotawaringin Timur Rena menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas dukungan yang diberikan bupati kepada umat Hindu Kaharingan. Dia mengaku bangga atas perhatian yang diberikan tersebut. 

"Pak Bupati menunjukkan komitmen beliau dalam memperhatikan semua pemeluk agama. Ini tentu sangat membahagiakan bagi kami. Saya sudah kenal lama dengan Pak Bupati sejak beliau masih menjabat sebagai camat dan beliau memang perhatian kepada masyarakat," ucap Rena. 

Sementara itu menindaklanjuti terkait wacana menjadi tuan rumah Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, rencananya Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan dan Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan Kotawaringin Timur akan melakukan audiensi dengan bupati untuk membicarakan persiapan kegiatan tersebut. 

Baca juga: Kwarran Baamang bantu balita penderita tumor di wajah

Baca juga: Pemprov Kalteng kembali distribusikan 4.000 paket bahan pokok di Kotim

Baca juga: Terowongan Nur Mentaya upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat