Pemkab Kobar tingkatkan kualitas pariwisata untuk dongkrak perekonomian

id Pemkab Kobar tingkatkan kualitas pariwisata untuk dongkrak perekonomian, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, pariwisata

Pemkab Kobar tingkatkan kualitas pariwisata untuk dongkrak perekonomian

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo memberikan keterangan kepada media di Pangkalan Bun, Selasa (10/1/2023). ANTARA/M Husein Asyari

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan kualitas pariwisata sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. 

"Kegiatan-kegiatan yang mampu menarik kunjungan pariwisata harus dikemas dengan atraktif dan semenarik mungkin," ujar Penjabat Bupati Kobar, Anang Dirjo di Pangkalan Bun, Selasa.

Anang Dirjo menjelaskan, sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Banyaknya pengunjung ke Kobar akan membantu peningkatan transaksi di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat.

"Maka dengan itu, saya mengajak seluruh stake holder ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam pengembangan pariwisata yang ada di Kobar," ujarnya.

Anang Dirjo mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengembangan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kotawaringin Barat. Masyarakat diajak menjaga keamanan dan ketertiban, serta selalu melaksanakan konsep sapta pesona yakni aman, tertib dan bersih. 

Baca juga: Lapas kelas IIB Pangkalan Bun siapkan warga binaan agar mandiri

"Peran masyarakat di sektor pariwisata ini merupakan poin penting dalam pengembangan wisata, dan tentu masyarakat langsung yang akan menerima dampaknya apabila pariwisata di Kobar berkembang," tambah Anang Dirjo. 

Kepala Dinas Pariwisata, Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah menyusun Kalender of Event  2023. Ada 44 atraksi wisata kategori non olahraga dan 10 atraksi wisata kategori olahraga yang siap digelar sepanjang tahun 2023 di enam kecamatan. 

"Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya ditetapkan total kegiatan berjumlah 54. Kami berharap setiap kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala," ujar Wahyudi.

Beberapa kegiatan yang masuk Kalender of Event 2023 diantaranya Festival Nyanggar dan Babarasih Banua, Begoyap Night Market, Haul Kyai Gede, dan masih banyak kegiatan lainnya. 

Baca juga: Warga Kobar diberi pelatihan kerajinan tangan dari limbah jagung dan pohon pisang

Baca juga: Antisipasi banjir, Pemkab Kobar berencana keruk muara sungai

Baca juga: Harga ikan hias pedalaman Kalteng fantastis