Lapas kelas IIB Pangkalan Bun siapkan warga binaan agar mandiri

id Pemkab kobar, lapas kelas IIB pangkalan bun, warga binaan, wirausaha, program pembinaan kemandirian dan keterampilan, wbp, kobar, kotawaringin barat

Lapas kelas IIB Pangkalan Bun siapkan warga binaan agar mandiri

Panen sayuran hasil pelatihan hidroponik oleh WBP Lapas Pangkalan Bun, Senin, (09/01/2023). (ANTARA/HO-Humas Lapas Pangkalan Bun)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pangkalan Bun, Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kalimantan Tengah sukses  menyiapkan warga binaan dalam berwirausaha melalui program pembinaan kemandirian dan keterampilan. 

"Program pembinaan kemandirian dan keterampilan bertujuan agar warga binaan pemasyarakatan (WBP) dapat mandiri saat sudah bebas nanti," ujar Kepala Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Doni H di Pangkalan Bun, Senin.

Dijelaskan Doni, progam pengelolaan pembinaan kemandirian 2022 lalu berbuah manis, tercatat Penerimaan Negara Bukan Pajak sangat memuaskan yaitu 122,3persen. Berhasil disetor untuk negara sebesar Rp22 juta.

"Tahun 2022 kami mampu melampaui target yang hanya sebesar Rp17.990.000 dari Target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," katanya.

Baca juga: Warga Kobar diberi pelatihan kerajinan tangan dari limbah jagung dan pohon pisang

Diterangkan Kalapas, melalui program pembinaan kemandirian ini berhasil meningkatkan kemampuan para WBP dan berkontribusi positif kepada Lapas serta masyarakat sekitar. 

"Dalam program pembinaan ini kami memberikan berbagai macam pelatihan, seperti berkebun hidroponik, mebel, potong rambut, membuat kue dan menjahit dan semua dilaksanakan di Lapas Pangkalan Bun," ucapnya. 

Doni berharap, melalui program ini para WBP dapat produktif menghasilkan karya atau jasa yang bernilai jual. Selain itu bisa lebih diterima masyarakat saat berada di luar lapas nanti. 

"Para WBP yang mengikuti program ini juga menerima sertifikat yang bisa digunakan oleh mereka saat diluar nanti," terang Doni. 

Dalam kesempatan itu, Kalapas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi yang sudah mendukung program pembinaan terhadap warga binaan di Lapas Pangkalan Bun tersebut. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, BLK Kobar, dan Dinas Perikanan Kobar  yang sudah memberikan pelatihan kepada WBP untuk keterampilan menanam menggunakan hidroponik, mebel, potong rambut, pembuatan kue dan menjahit," katanya.

Baca juga: Antisipasi banjir, Pemkab Kobar berencana keruk muara sungai