Jokowi berharap turis mancanegara kembali ramai kunjungi Bunaken

id Jokowi ,presiden Jokowi,Kalteng,Bunaken, turis mancanegara ,Sulawesi Utara

Jokowi berharap turis mancanegara kembali ramai kunjungi Bunaken

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono (kedua kanan), Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kanan), Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kedua kiri) dan Wali Kota Manado Andrei Angouw (kiri) saat peresmian Malalayang Beach Walk di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (20/1/2023). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/aww. (ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan turis mancanegara kembali ramai mengunjungi Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, setelah pemerintah memperbaiki dan mengembangkan fasilitas di pulau yang terkenal dengan kekayaan biodiversitas kelautan itu.

“Kita harapkan turis mancanegara bisa kembali lagi ramai dan masuk ke Manado, Sulawesi Utara, khususnya di Bunaken. Kita membuka untuk turis semua negara, termasuk dari China,” kata Presiden Jokowi saat mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken, Sulawesi Utara, Jumat.

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah membenahi fasilitas di Bunaken, seperti menyediakan penginapan (homestay) bagi para turis.

“Ini kita telah perbaiki, paling tidak mukanya sudah kelihatan. Homestay juga sudah disiapkan. Ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi memperkirakan pada awal Februari 2023, turis mancanegara akan berbondong-bondong mengunjungi Bunaken.

Meskipun telah membuka destinasi wisata, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah risiko kesehatan terjadi.

“Sekali lagi kita terbuka bagi turis dari manapun. Tapi yang kita lihat yang banyak dari China, yang paling penting protokol kesehatan,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengunjungi Bunaken di hari ketiga kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara. Jokowi menggunakan Kapal Motor Ultimate Victory dan berangkat dari Dermaga Mega Mas, Kota Manado untuk menuju Bunaken.

Setibanya di Dermaga Pulau Bunaken, Presiden Jokowi langsung meninjau Kawasan Wisata Bunaken sekaligus homestay di lokasi tersebut. Setelah itu Presiden akan kembali ke Kota Manado dengan Kapal Motor Ultimate Victory.

Turut mendampingi Presiden dalam perjalanan menuju Bunaken yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Djoike Tuejeh, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol. Setyo Budiyanto, dan Wali Kota Manado Andrei Angouw.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2023