Festival Tambun Bungai dekatkan masyarakat dengan tradisi dan warisan budaya

id Festival Tambun Bungai 2023, pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, pariwisata, budpar, sanaman mantikei, palangkaraya

Festival Tambun Bungai dekatkan masyarakat dengan tradisi dan warisan budaya

Festival Tambun Bungai 2023. (ANTARA/HO-Disbudpar Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Festival Tambun Bungai 2023 yang salah satu tujuan utamanya adalah mendekatkan masyarakat dengan tradisi maupun warisan budaya.

"Festival Tambun Bungai ini kami laksanakan pada 15-19 Maret 2023 mendatang yang berpusat di kawasan Stadion Sanaman Mantikei," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari dihubungi dari Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, festival ini juga bertujuan memperkenalkan sekaligus memupuk rasa cinta terhadap keindahan dan keragaman adat, budaya dan tradisi daerah termasuk kuliner serta ragam produk unggulan Kalteng.

"Selain sebagai salah satu sarana pelestarian, festival ini juga menjadi wadah bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk menyalurkan minat dan bakat dalam seni dan tari berbasis kearifan lokal," jelasnya. 

Baca juga: DJPb: Realisasi Pendapatan APBN Kalteng capai Rp764,1 miliar hingga akhir Januari 2023

Baca juga: Inflasi Kalteng terkendali berkat konsistensi TPID lakukan intervensi


Dalam Festival Tambun Bungai 2023 ini berbagai rangkaian kegiatan menarik telah disiapkan, mulai dari Kalteng Light Festival,  bazar UMKM dan ekonomi kreatif, lomba foto dan vlog, atraksi seni dan budaya, serta panggung hiburan.

Selain itu juga diselenggarakan lomba bakisah, Benang Bintik Festival, LED Carnival, peragaan busana, jalan santai, hingga lomba tari kreasi daerah.

"Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai agenda maupun lomba. Bersama-sama kita sukseskan Festival Tambun Bungai 2023 ini," terangnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah cukup serius dalam pengembangan sektor kebudayaan dan pariwisata untuk turut memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal ini diwujudkan melalui berbagai program dan kegiatan, termasuk di antaranya dukungan terhadap para pelaku seni, budaya maupun ekonomi kreatif di Kalimantan Tengah.


Baca juga: Pemprov Kalteng dorong optimalisasi sektor budpar tingkatkan PAD