APAVMI tingkatkan kapasitas SDM bidang audio video di Kalteng

id Pemprov kalteng, apavmi kalteng, diskominfosantik kalteng, audi visual, insan audi visual, kalteng, kalimantan tengah

APAVMI tingkatkan kapasitas SDM bidang audio video di Kalteng

Pembukaan pelatihan basic audio system yang diselenggarakan APAVMI Kalteng di Palangka Raya, Kamis, (23/2/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Asosiasi Penggiat Peralatan Audio Video dan Musik Indonesia (APAVMI) Kalimantan Tengah melaksanakan pelatihan dasar atau basic audio system untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang audio maupun video.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi upaya yang dilakukan APAVMI tersebut karena memberi manfaat untuk SDM pengelola audio video, kata Sekretaris Daerah Nuryakin sebagaimana disampaikan Kadiskominfosantik Agus Siswadi di Palangka Raya, Kamis.

"Tentunya tak hanya bagi SDM pengelola audio video di lingkup pemerintahan saja, tetapi juga swasta maupun masyarakat pada umumnya," jelasnya.

Dia menjabarkan, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat di era globalisasi saat ini, membuat semua pihak mampu menyesuaikan diri apabila tidak ingin tertinggal. Ketertinggalan dapat diatasi ataupun diantisipasi, dengan mengikuti maupun mempelajari teknologi yang digunakan.

"Dalam hal ini, teknologi audio video merupakan teknologi yang sering kita temui dan gunakan, sehingga perlu kita pahami dengan baik cara penggunaannya," terangnya.

Baca juga: Terminal Natai Suka Pangkalan Bun perlu perhatian pemprov

Agus menyebut, pelatihan ini sangatlah strategis, sebab memberi pengetahuan dan keterampilan penggunaan peralatan audio video sistem yang menjadi peralatan utama dalam hampir semua kegiatan baik di lingkungan pemerintah provinsi, maupun penggunaan secara umum.

"Selain memberikan pengetahuan dan ketrampilan terkait penggunaan peralatan audio khususnya, pelatihan ini kami harapkan juga membahas tentang standarisasi keamanan perangkat elektronik untuk kegiatan resmi kedinasan, serta standarisasi SDM yang menangani kegiatan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Pembina DPD APAVMI Kalteng Shalahudin mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan hari ini sebagai wujud dari komitmen pihaknya dalam upaya meningkatkan kemampuan maupun kapasitas SDM di bidang audio maupun visual.

"Ini merupakan program pengembangan keterampilan bagi seluruh insan penggiat audio video di Kalimantan Tengah," jelasnya.

Dia mengatakan, melalui jaringannya APAVMI mampu menghadirkan para pemateri yang sangat kompeten di bidangnya, seperti Atmadja Karuna Madhu Sudana maupun Niki Hirio.

Ketua DPD APAVMI Kalteng Ida Mustika Karli menambahkan, pelatihan yang pihaknya selenggarakan saat ini, sebagai upaya pemenuhan terhadap kebutuhan masyarakat.

"Pelatihan ini karena tuntutan masyarakat akan kebutuhan dasar pengenalan sound system sehingga DPD APAVMI Kalteng mengakomodir itu, dan didukung salah satu vendor sound system besar di Indonesia dalam peralatan untuk praktik serta pemateri," ucapnya.


Baca juga: Dishanpang Kalteng: Daya beli tetap terjaga meski terjadi fluktuasi harga

 

Baca juga: Wagub Kalteng sebut Program TORA tingkatkan kesejahtaraan masyarakat

 

Baca juga: DP3APPKB optimalkan peran Forum Puspa atasi permasalahan perempuan dan anak