Pulang Pisau kembangkan perpaduan olahraga dan rekreasi

id Pulang Pisau kembangkan perpaduan olahraga dan rekreasi, kalteng, Pulang Pisau, olahraga

Pulang Pisau kembangkan perpaduan olahraga dan rekreasi

Penandatanganan berita acara pelantikan dan pengukuhan kepengurusan The Universal Line Dance Cabang Pulang Pisau Periode 2023-2028 di aula Dinas Kesehatan pada Selasa (28/2/2023). ANTARA/Adi Waskito 

Pulang Pisau (ANTARA) - Ketua The Universal Line Dance (d`ULD) Cabang Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Rusyana mengungkapkan, program kerja setelah kepengurusan d`ULD dilantik dan dikukuhkan adalah memperkenalkan salah satu jenis olahraga senam kebugaran ini kepada masyarakat di kabupaten setempat.

“Masih banyak yang belum mengetahui apa itu The Universal Line Dance atau d`ULD sehingga menjadi tugas semua pengurus untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas,” kata Rusyana di Pulang Pisau, Selasa.

Dijelaskan Rusyana, untuk memperkenalkan olahraga di bawah naungan Komite Olahraga Rekreasi  Masyarakat Indonesia (KORMI) perlu waktu dan dilakukan berkreasi ini kepada organisasi-organisasi di lingkungan pemerintah maupun kemasyarakatan, diantaranya PKK, Dharma Wanita, GOW dan organisasi lainnya.

Menurut Rusyana, olahraga kebugaran d`ULD ini berbeda dari senam. Perbedaan tersebut terletak pada gerakan tubuh yang berputar dengan hitungan gerakan mengikuti irama musik atau mengarah seperti tarian salsa atau cha-cha. 

Selain itu, terang Rusyana, gerakan olahraga dalam d`ULD lebih mudah diikuti oleh semua jenis kelamin, latar belakang sosial maupun usia. Bahkan, olahraga kreasi ini digemari juga oleh para lansia karena bisa menunda penurunan daya ingat.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau ingatkan sinergitas kerukunan antarumat beragama

Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau Andriani mewakili Bupati Pudjirustaty Narang memberikan apresiasi atas terbentuk dan dilantiknya kepengurusan d`ULD di kabupaten setempat.

“Keberadaan d`ULD ini diharapkan bisa menunjukkan eksistensinya sebagai olahraga kreasi dan mengembangkannya untuk bersama-bersama memperkuat pembangunan dalam bidang olahraga,” kata Andriani.

Dikatakan Andriani bahwa pemerintah setempat terus mendukung berkembangnya olahraga Line Dance agar masyarakat di segala usia bisa berolahraga sehingga ikut berperan serta menjadikan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang sehat.

Kepengurusan The Universal Line Dance Cabang Pulang Pisau Periode 2023-2028 dilantik dan dikukuhkan oleh Wakil Ketua d`ULD Provinsi Kalimantan Tengah Yosiana Debora bersama Kabid Organisasi Meiyati Debora. Turut hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukarja,  Sekum KONI Letus Irawan, Ketua d`ULD Cabang Kapuas Rietna.

Baca juga: Dinas PUPR Pulang Pisau tuntaskan pembangunan rumah betang

Baca juga: Bupati Pulang Pisau: Penanganan stunting harus saling terintegrasi

Baca juga: Bulog Kapuas jual beras harga terjangkau kendalikan inflasi