Sejumlah desa di Kalteng minta dukungan pengembangan sektor perikanan

id Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Sudarsono, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, perikanan di kalteng, sekto

Sejumlah desa di Kalteng minta dukungan pengembangan sektor perikanan

Anggota Bapemperda DPRD Kalimantan Tengah Sudarsono. Antara/Jaya W Manurung.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah membidangi Sumber Daya Alam (SDA) Sudarsono mengaku, dirinya ada menerima usulan dan permintaan dari masyarakat di sejumlah desa di Kabupaten Seruyan maupun Kotawaringin Timur (Kotim), terkait pengembangan sektor perikanan.

Permintaan masyarakat di sejumlah desa yang disampaikan pada saat reses perseorangan itu mengharapkan adanya dukungan dan bantuan dari pemerintah, kata Sudarsono melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, kemarin.

"Sektor perikanan di sejumlah desa di Seruyan maupun Kotim memang sangat potensial dijadikan mata pencaharian masyarakat. Sekarang tinggal bagaimana ada dukungan dari pemerintah untuk mengembangkannya," ucap dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Seruyan dan Kotim itu membenarkan bahwa pihaknya pernah menyampaikan usulan dari masyarakat di Desa Bahaur, Pembuang Hulu II, dan Desa Derangga kepada pemerintah Daerah. Di mana masyarakat di tiga desa itu mengusulkan adanya bantuan sarana dan prasarana perikanan berupa peralatan tangkap dan perahu dilengkapi mesin.

Sudarsono mengatakan mayoritas mata pencaharian masyarakat di tiga desa tersebut sebagai penangkap ikan di sungai, sehingga bantuan peralatan dari pemerintah tersebut penting dalam meningkatkan perekonomian.

"Dengan bantuan tersebut diharapkan bantuan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan hasil maksimal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian," katanya.

Legislator Kalteng itu mengatakan pihaknya juga mengakomodasi usulan pengadaan dan pengelolaan keramba jaring apung dan pakan ikan serta bantuan bibit ikan untuk warga. Termasuk juga usulan pembuatan kandang ternak, pengadaan mesin pengolah pakan ternak dan pembersihan sungai kandang.

"Kami berharap semua usulan dan permintaan masyarakat ini bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat melalui dinas terkait," demikian Sudarsono.