Disdik Palangka Raya sosialisasikan Penguatan Penjamin Mutu PAUD

id Bunda PAUD Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Avina Fairid Naparin,bunda PAUD

Disdik Palangka Raya sosialisasikan Penguatan Penjamin Mutu PAUD

Bunda PAUD Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Penjamin Mutu PAUD yang dilaksanakan di rumah jabatan wali kota setempat, Jumat (10/3/2023). ANTARA/MC Kota Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah bersama Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kota setempat menggelar Sosialisasi Penguatan Penjamin Mutu PAUD 2023.

Bunda PAUD Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya tersebut, Jumat mengatakan, bahwa untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan atau kelayakan pada Satuan Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah serta Satuan PAUD dan Pendidikan non formal harus berdasarkan kriteria standar mutu atau disebut dengan akreditasi yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

"Maka dari itu, melalui sosialisasi Penguatan Penjamin Mutu PAUD yang kita laksanakan hari ini, kita dapat mengembangkan satuan PAUD di Kota Palangka Raya agar dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik, sesuai standar nasional agar kita mampu dan benar-benar mewujudkan lembaga satuan PAUD yang terakreditasi," katanya di Palangka Raya.

Menurut Avina, satuan PAUD mempunyai peran penting dalam melaksanakan sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Hal ini tujuannya agar setiap PAUD bisa terus melakukan perkembangan mutu yang dimilikinya demi mencapai Satuan Standar Nasional Pendidikan itu sendiri.

Maka dari itu, ia juga meminta agar para peserta benar-benar memahami materi yang disampaikan oleh narasumber, terkait penguatan kebijakan dan mekanisme pelaksanaan akreditasi dalam Mendukung Penguatan Penjaminan Mutu Pendidikan PAUD di kota setempat.

"Besar harapan saya, hasil capaian dari kegiatan sosialisasi ini kita bersama-sama dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh, agar kita mampu benar-benar mewujudkan Lembaga Satuan PAUD yang terwujud akreditasi," pintanya.

Kemudian itu, kepada para peserta sosialisasi ia juga menyampaikan terimakasih karena dapat bekerjasama dengan baik sehingga dapat melaksanakan kegiatan ini dengan amanah dan tanggung jawab, sehingga ke depan dapat  mengerahkan kemampuan terbaiknya sebagai wujud dedikasi bagi Satuan PAUD terkhususnya kemajuan bagi mutu pendidikan di kota setempat.

Adapun kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Direktur BAN PAUD Provinsi Kalimantan Tengah dan Asesor Provinsi Kalimantan Tengah. Dimana peserta sosialisasi berjumlah 30 orang yang terdiri dari operator dan Kepala Sekolah dari lembaga Satuan PAUD TK, KB dan TPA di Kota Palangka Raya.