Bupati Barsel komitmen tingkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat

id Penjabat Bupati Barsel,Lisda Arriyana ,Kalteng,Buntok,Barsel,Barito Selatan,RSUD Jaraga Sasameh Buntok

Bupati Barsel komitmen tingkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana saat meninjau fasilitas RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Senin (20/3/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah setempat.

"RSUD Jaraga Sasameh Buntok merupakan rumah sakit tipe C dan dari fasilitas sudah memenuhi, dan saat ini pihaknya masih menunggu dua orang dokter spesialis jantung yang sedang menjalani pendidikan," kata Penjabat Bupati Barito Selatan (Barsel), Lisda Arriyana di Buntok, Selasa.

Setelah selesai menjalani pendidikan, kata Lisda Arriyana, dua orang tersebut akan bertugas di RSUD Jaraga Sasameh Buntok yang nantinya akan menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk penderita penyakit jantung.

Selanjutnya, saat melakukan peninjauan RSUD Jaraga Sasameh Buntok, dirinya juga melihat bangunan pada tahun sebelumnya yang pekerjaannya mengalami putus kontrak.

Menurut dia, pekerjaan yang mengalami putus kontrak tersebut akan dilanjutkan kembali melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2023 ini.

"Meskipun demikian, dalam pelaksanaan lanjutan dari pekerjaan tersebut harus memerlukan strategi yang matang, sebab dalam pelaksanaannya harus mampu rampung dikerjakan dalam waktu 2 sampai 2,5 bulan saja," ucapnya.

Selain itu lanjut Lisda, dirinya meninjau fasilitas lainnya yang ada di RSUD Jaraga Sasameh Buntok yang diantaranya generator oksigen yang merupakan bantuan dari PT MUTU.

"Generator oksigen tersebut nantinya akan dikembangkan untuk mengakomodir oksigen dalam bentuk tabung bagi rumah sakit di kabupaten yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito ini," bebernya.

Termasuk kata dia, meninjau fasilitas lainnya yang merupakan bangunan lama yang diusulkan untuk dilakukan pembenahan-pembenahan kembali.

Disamping meningkatkan fasilitas kesehatan, pihaknya juga akan mengimbanginya dengan terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Itu semua dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kabupaten yang berjuluk 'Dahani Dahanai Tuntung Tulus' ini," ucapnya.

Sementara Direktur RSUD Jaraga Sasameh Buntok, dr Norman Wahyu mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Barito Selatan yang telah meninjau fasilitas pada rumah sakit.

Dikatakannya, penjabat bupati sangat berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas yang ada pada rumah sakit terutama terhadap bangunan poli yang dianggap sudah kurang memadai lagi dengan perkembangan saat ini.

"Termasuk juga peningkatan fasilitas terhadap generator oksigen yang merupakan bantuan dari PT MUTU yang nantinya akan dikembangkan guna memenuhi keperluan oksigen dalam bentuk tabung bagi RSUD pada kabupaten lainnya yang ada di DAS Barito ini," kata dia.