Kiat jaga kesehatan tulang agar lebih optimal saat berpuasa

id kesehatan tulang,tulang sehat,Kekebalan tubuh,Puasa,Susu kambing

Kiat jaga kesehatan tulang agar lebih optimal saat berpuasa

Ilustrasi herbal (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dapat memberikan banyak manfaat, seperti membantu fase pembersihan alami dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Puasa juga dapat mencegah penyakit degeneratif seperti yang disebutkan dalam sebuah studi oleh Universitas California Irvine, Amerika Serikat.

Dalam keterangan tertulis Etawalin yang diterima di Jakarta pada Rabu, studi ini menyebut puasa mempengaruhi ritme kerja sirkadian hati dan otot rangka, sehingga mampu memperbaiki metabolisme dan meningkatkan perlindungan tubuh terhadap serangan penyakit degeneratif seperti misalnya penyakit osteoporosis.

Aktivitas padat di bulan Ramadhan terkadang membuat beberapa orang lupa untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kurangnya asupan nutrisi saat sahur dan berbuka bisa menjadi penyebab utama.

Baca juga: Indy Barends ubah gaya hidup demi jaga kesehatan tulang

Untuk itu penting bagi masyarakat tetap menjaga asupan makanan bergizi seimbang seperti sayuran, buah, dan juga susu yang kaya nutrisi guna menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi seperti makanan yang kaya kalsium, protein, vitamin D, selenium, antioksidan, dan asam lemak omega 3.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengonsumsi biji-bijian utuh, ikan, sayur, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan juga susu.

Salah satu pilihan minuman yang bisa dikonsumsi masyarakat untuk menjaga kesehatan tulang adalah susu kambing Etawa.

Susu kambing tersebut dikenal memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga mampu mempercepat regenerasi hemoglobin yang kemudian membuatnya lebih cepat mengatasi masalah pengeroposan tulang.

Produk Etawalin hadir untuk membantu mengatasi permasalahan persendian, gangguan pada tulang, serta pegal linu
Etawalin terbuat dari perpaduan susu kambing Etawa murni dan racikan herbal khusus di antaranya jahe, temulawak, kayu manis, sereh dan daun salam.

“Etawalin berbeda dengan jenis susu lainnya, karena terbuat dari Susu Kambing Etawa yang dilengkapi dengan empat kandungan bahan herbal alami dan dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan masyarakat," ujar VP Marketing Ethos Reza Yazdi.

Etawalin diklaim aman untuk dikonsumsi lansia terutama bagi penderita diabetes karena rendah gula. Etawalin juga telah bersertifikasi BPOM dan halal MUI.