Tiga ganda putra Indonesia lolos ke babak kedua BAC 2023

id BAC 2023,Kejuaraan Bulu Tangkis Asia,Kalteng,Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab ,Maulana/Muhammad Shohibul Fikri ,Fajar/Rian

Tiga ganda putra Indonesia lolos ke babak kedua BAC 2023

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengawali Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 dengan kemenangan atas wakil China He Jiting/Zhou Haodong dua gim langsung 21-16, 21-18 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (26/4/2023). (ANTARA/HO-PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Tiga wakil pada sektor ganda putra Indonesia melangkah mulus ke babak kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 setelah mengalahkan lawan masing-masing pada laga perdana di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu.

Pasangan Merah Putih pertama yang mengawali BAC 2023 dengan apik adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang menang dua gim langsung atas wakil Singapura Andy Kwek/Loh Kean Hean, 21-19, 21-15.

"Bersyukur hari ini bisa diberikan kemenangan dan tanpa cedera. Kami bermain cukup baik, hanya tadi evaluasi ada pada saat menerima servis," kata Fikri dalam keterangan tertulis PP PBSI yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dengan kemenangan ini, Bagas/Fikri akan berhadapan dengan unggulan kelima asal China Liu Yuchen/Ou Xuanyi yang menang atas ganda putra Filipina Christian Bernardo/Alvin Morada dengan skor 21-18, 21-12.

"Untuk besok, jaga fokusnya, istirahat yang cukup, makan yang bergizi juga agar tidak sakit atau cedera. Besok kami harus tetap fit," kata Bagas.

Langkah Bagas/Fikri juga diikuti ganda putra Indonesia nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menuntaskan perlawanan wakil China He Jiting/Zhou Haodong dua gim langsung 21-16, 21-18.

"Hari ini, kami masih mencari sentuhan terbaik karena kali pertama bertanding. Apalagi shuttlecock yang digunakan berbeda dari biasanya. Jadi harus cepat beradaptasi. Harapannya pasti ingin meraih hasil terbaik, tapi kami akan fokus langkah demi langkah," ujar Rian.

Fajar mengatakan kunci kemenangan hari ini, karena bermain pantang menyerah. "Meskipun kami tertinggal, kami tetap mencoba untuk memberikan perlawanan. He/Zhou adalah lawan yang memiliki kecepatan dan kekuatan luar biasa. Itu menyulitkan," ujar Fajar.

Pada babak kedua, Fajar/Rian akan berhadapan dengan ganda putra Taiwan Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan yang sebelumnya mengalahkan wakil Vietnam Nguyen D.H/Tran D.M dengan skor 21-13, 21-9.

Ganda putra selanjutnya yang memastikan tiket babak kedua adalah unggulan ketiga Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang mengalahkan pasangan tuan rumah De.Ayyappan/Dh. Ayyappan dengan 21-14, 21-17.

Hendra/Ahsan pada babak kedua akan berhadapan pasangan asal China Ren Xiangyu/Tan Xiangyu yang menyingkirkan ganda putra Jepang Akira Koga/Taichi Saito dengan 21-19, 21-17.

Indonesia masih memiliki satu wakil lainnya pada sektor ganda putra yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang hingga berita ini diturunkan masih berhadapan dengan unggulan kedua asal Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.