Disdukcapil berikan layanan pendaftaran IKD di Kalteng Expo

id Pemprov kalteng, disdukcapil kalteng, ikd, identitas kependudukan digital, ktp elektronik, kalteng expo 2023, ktp digita

Disdukcapil berikan layanan pendaftaran IKD di Kalteng Expo

Pelayanan pendaftaran IKD di Kalteng Expo 2023 di Palangka Raya, (18/5/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Tengah memberikan pelayanan pendaftaran identitas kependudukan digital (IKD) dalam gelaran Kalteng Expo 2023.

"Pelayanan pendaftaran identitas kependudukan digital ini kami buka pada stan Disdukcapil di area pameran Temanggung Tilung hingga 21 Mei 2023," kata Kepala Seksi Monitoring Evaluasi Bidang KIA dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kalteng Endang di Palangka Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, pendaftaran IKD bagi penduduk akan menjadikan pembuatan identitas semakin mudah, cepat, murah, hemat, serta efisien. Penduduk yang ingin melakukan pendaftaran IKD harus sudah melakukan perekaman KTP Elektronik dan memiliki telepon pintar atau smartphone.

"Pendaftaran identitas kependudukan digital ini sangatlah mudah serta tidak memerlukan waktu yang lama," jelas Endang.

Baca juga: Pemprov Kalteng lakukan deteksi dini ASN dukung Program Indonesia Sehat

Dia menambahkan, pemohon bisa langsung melakukan pendaftaran melalui aplikasi yang nantinya akan dituntun oleh operator dari Disdukcapil.

Adapun alur pendaftaran IKD tersebut, dimulai dengan mengunduh aplikasi IKD pada Google Playstore dan kemudian barulah membuka aplikasi dan memilih atau klik daftar.

Selanjutnya mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat surat elektronik (surel) atau email dan nomor telepon seluler, barulah dilanjutkan klik verifikasi data.

Setelah itu, pilih menu ambil foto dan lakukan scan QR code, buka surel, salin dan simpan enam digit PIN lalu klik tombol aktivasi. Berikutnya ketik kode aktivasi dan kode captcha, barulah klik tombol aktifkan dan buka aplikasi IKD, klik status dan pilih menu.

"Dengan adanya inovasi tersebut, ke depan kita harap semakin memberi kemudahan bagi masyarakat, khususnya di Kalimantan Tengah dalam mengakses berbagai layanan publik," tuturnya.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan penerapan identitas kependudukan digital di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Pemprov gelar operasi pasar di Katingan, sediakan 3.000 liter minyak goreng

 

Baca juga: Dishanpang Kalteng sediakan sembako bersubsidi di Kalteng Expo 2023


Baca juga: Wagub: Kalteng Expo 2023 ajang promosi dan investasi