Kalsel optimistis rampungkan akses jalan baru ke Bandara Syamsuddin Noor

id bandara syamsuddin noor, jalan baru,banjarbaru,kalteng

Kalsel optimistis rampungkan akses jalan baru ke Bandara Syamsuddin Noor

Aktivitas di Bandara Syamsuddin Noor di Kota Banjarbaru pada saat mudik lebaran kemarin. (ANTARA/Bayu Pratama)

Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan optimistis akses jalan baru ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor di Kota Banjarbaru bisa rampung pada tahun 2024.

Kepala Bidang Bina Marga, Azan Syariful Muaz di Banjarbaru, Senin, menyampaikan, pembangunan jalan baru ke bandara tersebut dibantu pemerintah pusat.
 
"Usulan kita ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan jalan baru ke bandara tersebut sudah disetujui," ujarnya.

Menurut Azan, bantuan dana pusat untuk pembangunan jalan bandara sekitar 3 kilometer dari Jalan A Yani tersebut melalui dana instruksi presiden (Inpres).
 
"Dana inpres yang disetujui untuk pembangunan jalan baru ke bandara itu sebesar Rp160 miliar," paparnya.
 
Menurut Azan, pembangunan jalan baru ke bandara tersebut dilaksanakan dua tahun anggaran atau secara multiyears dari 2023 hingga 2024.
 
"Saat ini sudah dilaksanakan lelang proyek pembangunan jalan tersebut," ucapnya.
 
Adapun untuk pembebasan lahan pembangunan jalan baru ke bandara tersebut sudah hampir rampung.
 
"Tinggal satu bangunan yang belum menerima ganti rugi, tapi sudah dititipkan di pengadilan," papar Azan.
 
Menurut dia, pembangunan jalan bandara baru yang direncanakan dengan skema jalan dua jalur – empat lajur tersebut dibantu pemerintah pusat hanya fisik jalan.
 
Sedangkan untuk penerangan jalan dan penunjang lainnya akan menyusul dilaksanakan pemerintah provinsi.
 
"Pemerintah pusat hanya pembangunan fisik saja dan begitu akses sudah jadi, akan dilakukan pemeliharaan oleh pemerintah provinsi," ucapnya.
 
Dijelaskan Azan, akses bandara ini diperlukan, karena selama ini untuk menuju ke bandara melalui jalan lingkungan pemukiman warga dan Pemprov Kalsel telah melakukan clearing dengan menghancurkan bangunan-bangunan dan memindah tiang-tiang PLN.