Forum Kapasitas Nasional positif bagi industri penunjang

id skk migas,forum kapasitas nasional,industri penunjang ,hulu migas

Forum Kapasitas Nasional positif bagi industri penunjang

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto sedang mengunjungi booth pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023 wilayah Jabanusa di Surabaya Senin, (22/5/2023). (ANTARA/HO-SKK Migas)

Surabaya (ANTARA) - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan pelaksanaan Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) memberikan dampak positif bagi industri penunjang hulu migas.

"Setelah Forum Kapnas diadakan dua tahun berturut-turut sejak 2021, terjadi peningkatan skala bisnis dari skala daerah ke nasional, bahkan internasional," kata Dwi Soetjipto saat membuka Forum Kapnas wilayah Jawa, Bali, Madura dan Nusa Tenggara (Jabanusa) di Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Dwi Soetjipto mengatakan Forum Kapnas III 2023 wilayah Jabanusa berlangsung mulai Senin ini hingga Rabu, 24 Mei 2023.

Kegiatan ini menjadi rangkaian pertama Forum Kapnas yang nantinya dilaksanakan di empat wilayah kerja SKK Migas lainnya, yakni Papua dan Maluku (Pamalu), Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul), Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), dan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Puncak kegiatan tersebut adalah Forum Kapasitas Nasional III 2023, yang akan diadakan 15-16 November 2023 di Jakarta.

Dia menjelaskan, dampak positif Forum Kapnas bisa dilihat dari sejumlah capaian, antara lain masuknya 64 pabrikan lokal dalam Program Penilaian & Pembinaan Bersama Hulu Migas Tahun 2021 dan 2022, yang diakui oleh Kementerian ESDM dan KKKS sebagai pabrikan berstandar nasional dan internasional.
 

Beberapa di antaranya, lanjut Dwi Soetjipto, bahkan telah mendapatkan kontrak dari luar negeri.

"Perusahaan galangan kapal PT Orela Shipyard di Gresik, misalnya, menerima pesanan kapal dari Petronas Indonesia dan perusahaan pelayaran Malaysia, NKA Energy Ventures Sdn Bhd. Ada juga PT Citra Tubindo sebagai pabrikan OCTG di Batam, yang memasok produk ke industri migas berskala internasional," katanya.

SKK Migas mencatat adanya kerja sama antara PT Fajar Benua Indopack dan industri migas di Arab Saudi untuk memproduksi rotating produk gasket dan flexible joint.

Selain itu, PT Teknologi Rekaya Katup sebagai pionir produsen katup (valve) lokal sukses mengekspor produknya ke perusahaan EPC di Singapura. Perusahaan ini juga terdaftar sebagai pemasok di beberapa perusahaan migas luar negeri, seperti ADNOC dan Petronas.

"Capaian tersebut menunjukkan bahwa industri hulu migas tidak hanya menyediakan energi dan menghasilkan penerimaan negara, tetapi juga menjalankan salah satu fungsi strategisnya, yaitu menciptakan efek ganda bagi sektor lainnya," ujar Dwi Soetjipto.

Dwi Soetjipto menambahkan, Forum Kapnas bertujuan menampilkan industri binaan hulu migas, sekailigus meningkatkan awareness seluruh KKKS agar memaksimalkan penggunaan barang dan jasa dalam negeri.

"Forum ini diharapkan menjadi wadah komunikasi antara pemerintah daerah, pelaku usaha hulu migas dan perusahaan jasa pendukung nasional maupun lokal," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Presiden Indonesian Petroleum Association Yuzaini Bin Md Yusof mengatakan pelaksanaan Forum Kapnas memberikan kontribusi sangat besar dalam peningkatan pengadaan barang dan jasa industri hulu migas nasional, di mana Tingkat Kandungan Dalam Negeri juga naik melampaui target.

Capaian ini, kata dia, membanggakan dan menjadi yang terbaik dalam lima tahun terakhir.

"Di sisi lain, kami berharap Forum Kapnas juga bisa berkolaborasi dengan Forum Gas Expo untuk mencari solusi bersama atas beberapa isu energi nasional terkini," kata Yuzaini.

Menurut dia, salah satunya adalah terjadinya kelebihan pasokan gas, khususnya di Jawa Timur yang mencapai 25 persen.

"Saya yakin Forum Kapnas yang mempertemukan banyak pemangku kepentingan di sektor migas bisa menjadi bagian dari solusinya," kata Yuzaini.

Sepanjang tahun 2022, nilai pengadaan barang dan jasa industri hulu migas nasional mencapai 6,1 miliar dolar AS, dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 3,7 miliar dolar AS atau 64,75 persen. Capaian ini berada di atas target TKDN yang ditetapkan yakni 57 persen.