Polisi Korsel interogasi penumpang buka pintu pesawat Asiana, 9 orang alami gangguan pernapasan

id pesawat Asiana,Korsel,Kalteng,Korea Selatan,Seoul

Polisi Korsel interogasi penumpang buka pintu pesawat Asiana, 9 orang alami gangguan pernapasan

Pesawat Asiana Airlines (id.wikipedia.org)

Seoul (ANTARA) - Polisi Korea Selatan melakukan penyelidikan setelah Maskapai Asiana mengatakan bahwa seorang penumpang membuka pintu pesawat tak lama sebelum mendarat dengan selamat di Kota Daegu pada Jumat.

Pesawat Airbus A321 mendarat di bandara Daegu sekitar pukul 12:40 waktu setempat (0340GMT) setelah menempuh perjalanan selama satu jam dari Pulau Jeju, menurut jadwal penerbangan maskapai.

Tidak ada korban luka dalam peristiwa tersebut, namun sembilan orang dibawa ke rumah sakit terdekat lantaran mengalami gangguan pernapasan, ungkap petugas dinas pemadam kebakaran Daegu.

Menurut kantor pendidikan Jeju, delapan orang yang dibawa ke rumah sakit adalah murid sekolah asal Jeju.

Otoritas kini sedang menginterogasi seorang penumpang yang berada di dekat barisan pintu keluar darurat, kata petugas Asiana.

"Polisi masih menyelidiki insiden tersebut setelah seorang penumpang yang duduk di dekat pintu darurat mengaku telah menyentuh tuas pesawat," kata salah satu petugas.

Dua atau tiga menit pesawat akan mendarat, seorang penumpang pria yang duduk di dekat pintu darurat membuka penutup dan menarik tuas sehingga pintu terbuka sekitar 200 meter di atas daratan, kata juru bicara Asiana.

Semua penumpang duduk dengan posisi sabuk pengaman terpasang karena pesawat hendak mendarat, kata jubir.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari