Pertamina Kalimantan pastikan stok avtur penerbangan haji aman

id pertamina kalimantan,avtur,penerbangan haji,banjarmasin,bandara syamsuddin noor

Pertamina Kalimantan pastikan stok avtur penerbangan haji aman

Arsip-Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jamaah haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin di lapangan Syamsuddin Noor Banjarmasin, Minggu malam. (12/6/2022). ANTARA/Humas Kemenag Kalsel)

Banjarmasin (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan stok avtur selama penerbangan haji melalui embarkasi Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, terpenuhi.


"Kami telah menyiapkan kebutuhan avtur sebanyak 365 kiloliter (kl) pada fase pertama penerbangan haji, yang dimulai 29 Mei 2023 hingga 21 Juni 2023 nanti," kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra  di Banjarmasin,  Selasa.

Demikian pula, kebutuhan avtur selama fase kedua periode 9 Juli-2 Agustus, yang mencapai 1.049 kl, dalam kondisi mencukupi. Kebutuhan fase kedua bertambah karena ada frekuensi penerbangan pulang dari fase pertama.

Berdasarkan penyaluran pada tahun sebelumnya, Arya mengatakan ada peningkatan kebutuhan avtur sebesar 293 persen pada 2023.

"Jumlah tersebut dikarenakan kondisi tahun lalu masih pandemi dan adanya pengurangan kuota ibadah haji di Kalsel yang hanya sebanyak tujuh kloter. Sementara pada tahun ini ada peningkatan jumlah kloter menjadi 17 kloter," tuturnya.

Operation Head Pertamina Patra Niaga Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor Hariyanto menyebutkan pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura, selaku otoritas bandara serta maskapai guna memastikan kelancaran penyaluran bahan bakar pesawat udara.

"Penerbangan haji dari Banjabaru, Kalimantan Selatan, dilayani oleh Airhub yang dikoordinasi oleh maskapai Garuda Indonesia dan telah menyiapkan 17 frekuensi penerbangan di tiap fasenya," ucapnya.

Selama penyelenggaraan ibadah haji 2023, sebutnya, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan juga menyiapkan beberapa skenario kesiapan dan kesiagaan penyaluran di antaranya pelayanan waktu tambahan DPPU dan memastikan para pekerjanya untuk selalu fit to work selama pelayanan ibadah haji tersebut.