PT SKS Listrik Kalimantan berpartisipasi sukseskan pergelaran seni dan budaya di Jakatan Raya

id Pt sks listrik kalimantan, pergelaran seni dan budaya, jakatan raya, rungan, sanggar seni budaya kambang pancar rungan, seni dan budaya, pelestarian b

PT SKS Listrik Kalimantan berpartisipasi sukseskan pergelaran seni dan budaya di Jakatan Raya

Pergelaran Seni dan Budaya Jilid II yang dilaksanakan oleh Sanggar Seni Budaya Kambang Pancar Rungan di Jakatan Raya, Minggu (4/6). (ANTARA/HO-PT SKS Listrik Kalimantan)

Palangka Raya (ANTARA) - PT SKS Listrik Kalimantan turut berpartisipasi dalam menyukseskan pergelaran seni dan budaya yang dilaksanakan di Jakatan Raya, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pergelaran Seni dan Budaya Jilid II di Jakatan Raya ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Sanggar Seni Budaya Kambang Pancar Rungan pada Minggu (4/6).

"Kami mengapresiasi sekaligus mendukung kegiatan masyarakat seperti ini, karena sangat strategis sebagai salah satu upaya pelestarian seni dan budaya daerah," kata CSR Assistant PT SKS Listrik Kalimantan, Dorothea Sthallhani Jasi dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Selasa.

PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) turut memberikan dukungan dalam melengkapi berbagai kebutuhan untuk menyukseskan kegiatan pergelaran seni dan budaya ini. Disamping itu, pihaknya juga rutin memberi bantuan untuk keperluan sanggar, di antaranya peralatan maupun barang-barang lainnya dalam menunjang aktivitas di dalam sanggar.

Jasi memaparkan, kendati PT SKS Listrik Kalimantan bergerak dalam bidang usaha energi, namun demikian pihaknya juga senantiasa mendukung ragam kegiatan pembangunan maupun masyarakat, terutama di areal wilayah kerjanya.

Baca juga: Bupati Gumas apresiasi PT SKS Listrik Kalimantan dalam pengembangan SDM dan pelestarian budaya

Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR), PT SKS Listrik Kalimantan selama ini konsisten mendukung berbagai kegiatan masyarakat, termasuk di antaranya berkaitan pelestarian seni dan kebudayaan daerah tersebut.

"Sebab untuk menyukseskan pembangunan tak hanya cukup dilakukan oleh pemerintah saja, diperlukan dukungan berbagai pihak termasuk baik swasta maupun berbagai elemen masyarakat lainnya," jelasnya.

Sementara itu, pergelaran tari yang dilaksanakan di Lapangan Baras Sangahai, Kelurahan Jakatan Raya tersebut merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan oleh sanggar sebagai bagian dari program kerja tahunan, kata Septi Ayu Wulandari selaku ketua panitia kegiatan.

Baca juga: PT SKS Listrik Kalimantan gelar sosialisasi di sekolah, wujudkan generasi muda bebas narkoba

Sanggar yang didirikan pada 2020 itu hingga kini terus bergerak aktif dalam upaya pelestarian seni dan budaya Dayak, khususnya Dayak Ngaju melalui kelas tari bagi anak-anak dan remaja usia 6-17 tahun. Melalui pentas seperti ini sekaligus dilaksanakan evaluasi dan uji kompetensi kepada seluruh peserta didik.

Penampilan pada Minggu malam tersebut tak hanya berupa tari-tarian saja, namun juga ada penampilan lawang sakepeng, hingga lantunan lagu tandak timang. Ragam tari yang dipentaskan,  seperti tari giring-giring, tari mandau apang, hingga ditutup dengan menari manasai bersama tamu undangan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Iptu Fedrick Liano yang juga memberikan dukungan agar terselenggaranya kegiatan. Selain itu, Lurah Jakatan Raya Taufik dan Ketua Karang Taruna Besei Hayak, Adung Enteng juga turut bergotong royong menyiapkan lokasi pentas saat itu.

Baca juga: PT SKS Listrik fasilitasi penerbitan buku para guru, dukung pelestarian literasi budaya

Baca juga: PT SKS Listrik Kalimantan berbagi berkah di bulan Ramadhan

Baca juga: PT SKS Listrik Kalimantan-UPR bersinergi wujudkan kualitas pendidikan yang semakin baik