Bawaslu Murung Raya tingkatkan kapasitas aparatur pengawas pemilu kecamatan

id Bawaslu murung raya, pemilu 2024, pengawas pemilu, panwaslu kecamatan, puruk cahu, mura, murung raya

Bawaslu Murung Raya tingkatkan kapasitas aparatur pengawas pemilu kecamatan

Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu pada Pemilu 2024 yang dilaksanakan Bawaslu Murung Raya di Puruk Cahu, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Bawaslu Murung Raya, Kalimantan Tengah memfasilitasi kegiatan pembinaan aparatur pengawas pada Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Puruk Cahu, Kamis (15/6) malam.

"Kegiatan ini sebagai penguatan dan peningkatan kapasitas aparatur pengawas pemilu dalam berbagai tahapan Pemilu 2024 yang saat ini sudah berjalan," kata Komisioner Bawaslu Murung Raya, Boima Hutajulu.

Boima mengatakan, pihaknya berharap melalui kegiatan ini aparatur atau sekretariat tiap pengawas pemilu kecamatan dapat memfasilitasi berbagai kegiatan pemilu, sebab komisioner panwaslu kecamatan serta para staf tidak bisa melaksanakan apapun tanpa dukungan kesekretariatan.

Diharapkan dalam mendukung kegiatan komisioner panwaslu kecamatan, pihak sekretariat proaktif mendukung pengawasan yang sedang dilakukan.

Baca juga: Pemkab Murung Raya siaga karhutla hadapi kemarau

Heti Helpinon, salah seorang Komisioner Bawaslu Murung Raya lainnya mengatakan, sejauh ini di kabupaten setempat sinergi antara koordinator sekretariat kabupaten dan kecamatan cukup baik.

"Kami pun mencoba sinergi ini akan terus terbina sehingga pemilu nanti dapat berjalan dengan langsung, umum, bebas dan rahasia,” jelas Heti.

Sementara itu Koordinator Sekretariat Bawaslu Murung Raya, Fiterson mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri dari ketua panwaslu kecamatan serta sekretariat panwaslu kecamatan masing-masing sebanyak tiga orang.

“Untuk narasumber langsung oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Kalimantan Tengah, yaitu Bapak Susilo serta juga petugas dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Buntok,” tutur Fiterson.

Baca juga: Percepatan penurunan stunting jadi prioritas Pemkab Murung Raya

Baca juga: Delapan petahana tidak terpilih saat pilkades serentak di Murung Raya

Baca juga: Pastikan berlangsung lancar, Bupati Mura pantau pelaksanaan Pilkades serentak