Desa Patas wakili Barsel ikuti Lomba Desa tingkat provinsi

id Desa Patas 1, Kecamatan Gunung Bintang Awai,Barsel,Kalteng,Buntok,Lomba Desa,penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan

Desa Patas wakili Barsel ikuti Lomba Desa tingkat provinsi

Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan berfoto bersama usai menyerahkan piagam penghargaan kepada kepada desa di Buntok, Kamis (15/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Desa Patas 1, Kecamatan Gunung Bintang Awai akan mewakili Kabupaten Barito Selatan mengikuti lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Tengah pada 2023 ini.

"Berdasarkan hasil lomba, Desa Patasi 1 berhasil meraih juara 1 dan akan mewakili kabupaten ini untuk mengikuti lomba ditingkat provinsi pada 20 Juni ini," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Selviriyatmi di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, untuk mengikuti lomba ditingkat provinsi itu, pihaknya bersama tim PKK akan memperbaiki sejumlah kekurangan - kekurangan terutama mengenai Tanaman Obat Keluarga (Toga) sebelum tim penilai dari provinsi datang ke Desa Patas 1 untuk melakukan penilaian.

"Kita nantinya akan turun ke lapangan memperbaiki kekurangan-kekurangan sesuai dengan kriteria penilaian agar desa ini nantinya bisa meraih juara lomba desa tingkat provinsi," ucap dia.

Selain itu ia juga menyampaikan, dalam lomba desa tingkat Kabupaten Barito Selatan pada 2023 ini, ada tiga hal yang dilakukan penilaian dan ketiga hal itu yakni pemerintahan, kawasan dan pemberdayaan.

"Berdasarkan hasil penilaian, Desa Patas 1, Kecamatan Gunung Bintang Awai berhasil meraih juara satu, dan juara dua diraih Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan," jelasnya.

Untuk juara tiga lomba desa tingkat Kabupaten Barito Selatan pada 2023 ini diraih Desa Gunung Rantau, Kecamatan Dusun Utara.

Sedangkan juara harapan 1 diraih Desa Tampulang, Kecamatan Jenamas, juara harapan dua diraih desa Kalanis, Kecamatan Dusun Hilir dan juara harapan tiga di raih Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala.

"Untuk tim penilai dalam kegiatan lomba ini dari Dinas Kesehatan, PKK, serta Disdukcapil dan semua tahapan-tahapan penilaian sesuai dengan juknis yang telah di berikan pihak provinsi," kata Selviriyatmi.

Ia berharap dengan dilaksanakannya lomba ini, seluruh desa di Barito Selatan bisa berlomba untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan, pemberdayaan dan dari segi kawasan yang batas desanya harus jelas.

Sementara penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan mengapresiasi kepada desa yang telah menjadi juara.

"Kita berharap kepada desa-desa lainnya yang ada di daerah ini agar terus  meningkatkan tata kelola pemerintahan, pemberdayaan dan dari segi kawasan, sehingga bisa menjadi desa maju dan mandiri," kata dia usai menyerahkan penghargaan kepada desa dan piagam penghargaan keasa desa mandiri.