DPRD ingatkan pemkot optimalkan sektor pertanian di Palangka Raya

id DPRD Palangka Raya,Wahid Yusuf,DPRD ingatkan pemkot optimalkan sektor pertanian di Palangka Raya,Palangka Raya

DPRD ingatkan pemkot optimalkan sektor pertanian di Palangka Raya

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf mendorong pemerintah kota setempat lebih mengoptimalkan sektor pertanian. 

“Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat berpengaruh dengan inflasi di daerah. Jadi, pemerintah harus bisa lebih mengoptimalkan sektor tersebut,” ujar Wahid, Kamis.

Dikatakan Yusuf, ketersediaan dan ketahanan pangan adalah salah satu penopang inflasi, sehingga perlu adanya keseriusan pemerintah dalam mengoptimalkan sektor pertanian di Kota Cantik Palangka Raya ini. 

“Selain berpengaruh terhadap pengendalian inflasi, pengoptimalan pertanian juga akan berdampak pada kesejahteraan petani,” kata Yusuf. 

Dijelaskan Yusuf, sektor pertanian juga bisa menjadi salah satu penopang pemulihan ekonomi daerah dan nasional. Apalagi kondisi perekonomian saat ini, sektor pertanian mungkin menjadi sektor paling strategis dalam pemulihan pasca pandemi. 

“Sebagai upaya untuk mendukung sektor pertanian, pemerintah bisa memberikan stimulus kepada para petani, misal bantuan pupuk, peningkatan jalan tani, peralatan pertanian atau alsintan, dan penyuluhan kepada para petani,” terangnya. 

Yusuf meminta kepada para petani untuk lebih bersemangat. Apalagi Kalimantan Tengah merupakan daerah penopang pangan di IKN Nusantara di Kalimantan Timur, tentu akan banyak permintaan yang harus dipenuhi untuk produk pertanian. Ini menjadi potensi besar di sektor pertanian kedepannya. 

“Kita terus mendorong masyarakat khususnya bermata pencaharian petani, agar membentuk kelompok-kelompok tani, supaya memudahkan nantinya menerima bantuan dari pemerintah, karena legalitasnya jelas tidak diperuntukkan perorangan,” tuturnya.