Tiga kategori produk paling laris dibeli di toko TikTok

id Toko tiktok,Online shop

Tiga kategori produk paling laris dibeli di toko TikTok

Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini saat memberi paparan dalam acara media briefing Shoppertainment Summit 2023 di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (5/7/2023) (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini mengungkapkan tiga kategori produk yang paling laris dibeli di toko TikTok (TikTok shop) oleh pengguna di Indonesia.

"Apa saja kategori terlaris yang dibeli oleh masyarakat Indonesia di TikTok shop? Nomor satu adalah fashion dan aksesoris," ujar Sitaresti di Jakarta, Rabu. 

Adapun kategori terlaris kedua, adalah produk kecantikan dan perawatan pribadi, lalu diikuti oleh produk makanan dan minuman di urutan ketiga.

Sita mengatakan terdapat sejumlah kategori produk lainnya yang juga banyak diburu masyarakat di toko TikTok seperti elektronik, peralatan rumah tangga, produk digital, serta kebutuhan ibu dan bayi.

Dalam kesempatan itu Sita turut menyampaikan bahwa berdasarkan survei terbaru TikTok, sebanyak 81 persen pengguna mengungkapkan keinginan mereka untuk melakukan lebih banyak pembelian secara daring, terutama selama periode mega sale.

Baca juga: TikTok manfaatkan konsep shoppertainment, dorong peningkatan belanja

Temuan ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang, terutama pengguna TikTok, siap untuk menghabiskan lebih banyak uang mereka secara daring saat musim sale besar.

Salah satu faktor utama yang mendorong pengguna TikTok untuk melakukan pembelian adalah promosi dan penawaran diskon. Faktanya, hampir 90 persen pengguna TikTok mengaku bahwa mereka ingin membeli lebih banyak selama periode mega sale karena promosi yang ditawarkan.

Dia menambahkan bahwa para pengguna TikTok juga terdorong oleh penawaran cashback, reward, dan keinginan untuk mencoba produk-produk baru yang ditawarkan selama periode penjualan khusus.

Selain promosi dan penawaran khusus, kata dia, faktor lain yang penting bagi pengguna TikTok adalah kepraktisan saat berbelanja secara daring, terutama melalui Toko TikTok.

Baca juga: Pemain Baru, TikTok Shop sulit geser Shopee di peta E-Commerce Tanah Air?

Menurut survei, sebanyak 37 persen pengguna TikTok mencari proses pembelian yang praktis dan mudah. Mereka menikmati pengalaman mulus mulai dari menemukan produk hingga melakukan pembelian di Toko TikTok.

Video-video yang diunggah di TikTok juga dinilai memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian pengguna.

"Jadi konten yang sangat autentik, ulasan produk yang sangat autentik serta komentar dari pengguna lain dan komunitas membantu dalam mempengaruhi lebih banyak pembelian terutama di TikTok," kata Sita.